Wakil Walikota Depok Dan Istri Gubernur Jawa Barat Tinjau Sentra Vaksinasi Rsui

Wakil Walikota Depok Dan Istri Gubernur Jawa Barat Tinjau Sentra Vaksinasi Rsui

Dalam kesempatan itu, Menkes juga mengapresiasi jalanya vaksinasi yang dilakukan secara drive thru bisa berlangsung lancar dan tidak terjadi kerumunan yang berarti. Hal tersebut disampaikan oleh Menkes saat melakukan kunjungan ke lokasi vaksinasi di Grha Sabha Pramana UGM, Sabtu (31/7). Program vaksinasi kali ini diselenggarakan atas kerja sama UGM dengan TNI POLRI selama dua hari 31 Juli dan 1 Agustus 2021. Melalui kabar baik ini, Harinowo berharap Mahasiswa sudah mulai mempersiapkan diri agar bisa terlibat dalam memajukan perekonomian Indonesia di tingkat world Beli Free Spin. Selain kuliah tamu, BCA juga membuka BCA Corner di Perpustakaan Pusat UMM. BCA Corner diresmikan Dr. Fauzan, M.Pd.

Seorang perawat RSUD Bung Karno Solo yang tengah hamil meninggal setelah terkonfirmasi positif virus corona. “Penggunaan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 hanya dapat dilakukan setelah mendapat izin edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat dari Badan POM,” kata Menkes. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyambut baik kerja sama pengadaan vaksin Pfizer di Indonesia. Vaksin tersebut menjadi salah satu vaksin Covid-19 yang digunakan untuk program percepatan vaksinasi di Indonesia. Pfizer dan BioNTech menargetkan untuk memproduksi three miliar dosis vaksin Covid-19 secara international sampai dengan akhir tahun 2021. Jika dibandingkan jumlah penerima vaksin dosis lengkap di Amerika Serikat yang saat ini berkisar mencapai 50 persen dari complete populasi, Indonesia masih jauh tertinggal karena berada di kisaran 22,03 persen dari populasi atau setara 8,9 juta jiwa lebih.

Bahkan, apabila dibutuhkan, Indonesia bisa mengambil inisiatif untuk mendorong pertemuan tingkat tinggi pemimpin dunia untuk mengatasi nasionalisme vaksin. Prisoner’s dilemma, yang saya singgung di atas, hanya bisa dipecahkan apabila ada koordinasi dan kerja sama. Saya menyarankan agar Pemerintah Indonesia lebih agresif melakukan diplomasi untuk memastikan ketersediaan pasokan vaksin. Dalam nasionalisme vaksin—untuk mengatasi pandemi—banyak negara membatasi ekspor vaksinnya demi memenuhi kebutuhan domestik.

Pasalnya, dibutuhkan beberapa tahapan yang akan dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan sehingga nantinya dikeluarkan emergency of use authorization atau otorisasi untuk penggunaan darurat. Selain itu, perlu diingat bahwa vaksin adalah salah satu langkah pencegahan, bukan pengobatan. Jadi, meski akan menerima vaksin COVID-19, kamu tetap harus menerapkan protokol pencegahan COVID-19 lainnya, seperti rutin mencuci tangan, memakai masker, menerapkan physical distancing, dan menghindari keramaian. Tidak sedikit masyarakat yang meragukan keamanan dan kehalalan vaksin COVID-19. Namun, perlu diketahui bahwa vaksin yang akan disebarkan di Indonesia harus dipastikan lulus uji klinis dan evaluasi dari BPOM terlebih dahulu. Denmark negara kecil di Eropa dengan populasi 5,8 juta mencatatkan kuota vaksinasi corona per kapita eleven per 100 warga.

Kimia Farma pun siap memproduksi obat dengan jenis yang sama bernama generik favipiravir. Hal tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan obat untuk penanganan virus Covid-19. ”Insya Allah dengan Kimia Farma dan beberapa pabrik lainnya, kebutuhan obat antivirus akan segera terpenuhi dengan harga yang relatif terjangkau,” jelas Dasco dalam kunjungannya. “Mari jalankan protokol kesehatan dengan sebaik-baiknya, menjaga jarak fisik dengan orang lain, memakai masker dengan benar, dan mencuci tangan pakai sabun sesering mungkin,” kata dr. Achmad. Saat pedagang masuk petugas rumah sakit RSU Manado Medical Center disibukkan dengan peningkatan pasien Covid-19.

Kabar baik bahwa Indonesia sudah banyak yang di vaksin

Sinovac sendiri telah bekerja sama dengan beberapa negara, yaitu Bangladesh, Brazil, dan Indonesia untuk melakukan uji coba klinis tahap III. Di Indonesia, perusahaan farmasi asal Indonesia, PT. Bio Farma dan tim peneliti dari Universitas Padjajaran lah yang akan melakukan uji coba. Kini, negara tersebut berencana untuk memberikan kedua negara itu masing-masing 1 juta dosis vaksin AstraZeneca tambahan. Selain vaksin Moderna, Indonesia juga akan kembali menerima sebanyak 620 ribu dosis vaksin jadi AstraZeneca pada esok hari, Senin, 2 Agustus 2021. Kedatangan kedua jenis vaksin ini merupakan upaya pemerintah dalam mengamankan ketersediaan vaksin untuk masyarakat. Dalam surat itu BPOM merekomendasikan untuk menerima usulan penggunaan vaksin corona pada anak usia tahun dengan dosis 600 SU/0,5 ML.

Menko PMK menuturkan, kerja sama berbagai pihak sangat dibutuhkan dalam mempercepat program vaksinasi, baik melalui pihak swasta, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, maupun lembaga-lembaga lainnya. Pemerintah akan kembali melakukan percepatan vaksinasi massal setelah sebelumnya sedikit mengurangi intensitas pemberian vaksin dalam rangka menjaga ketersediaan stok vaksin di dalam negeri. Atas dasar itu semua ia menyarankan masyarakat yang sudah memiliki cadangan emas untuk melepas atau menjualnya sebagian untuk menikmati hasil penguatan harga yang cukup tinggi sebelumnya. Ariston memprediksi harga emas di dalam negeri bakal terus turun menjauhi Rp1 juta per gram, bahkan hingga menyentuh level Rp800 ribu terutama jika vaksin sudah mulai didistribusikan.

Keluarga jenazah pasien Covid-19 yang diduga menjadi korban dugaan pungli pemakaman mengaku membayar Rp5 juta untuk kijing dan uang lelah. Kisah unik tentang warga Desa Jirapan, Masaran, Sragen, yang memandikan dan memakamkan jenazah salah seorang perangkat desa memakai jas hujan agar aman dari penularan Covid-19. Total jumlah warga Klaten positif Covid-19 yang menjalani isolasi terpusat di Arama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali, mencapai 216 orang. Seorang epidemilog menjelaskan bagaimana vaksin Pfizer mungkin akan sulit didistribusikan langsung. Vaksin ini harus disimpan dalam suhu minus 70 derajat Celcius atau lebih rendah. Faktor kedua adalah gejolak ekonomi global yang dipicu memanasnya hubungan Amerika Serikat dan Cina.

Memasuki tahun 2021, penyakit COVID-19 masih menjadi momok terbesar bagi masyarakat dunia. Di samping penerapan protokol kesehatan, pemberian vaksin COVID-19 merupakan cara yang paling tepat untuk memutus mata rantai penularan virus ini. Negara kecil di Amerika Selatan, Chile juga melakukan vaksinasi massal dengan cepat. Negara dengan populasi sekitar 19 juta orang itu sudah mencapai kuota 19,2 per one hundred penduduk. Presiden Sebastian Pinera mendaat suntikan vaksin perdana secara simbolis pertengahan Februari lalu di kota Futrono.

Comments are closed.