Tindaklanjuti Instruksi Mendagri, Gubernur Kembali Perpanjang Ppkm Mikro Di Aceh

Tindaklanjuti Instruksi Mendagri, Gubernur Kembali Perpanjang Ppkm Mikro Di Aceh

Jodi mengatakan pemerintah terus menggencarkan penyaluran bantuan sosial untuk membantu masyarakat miskin, pekerja harian, dan PKL yang terkena dampak dari PPKM. Namun, hingga dua kali perpanjangan, nyatanya sejumlah indikator penanganan pandemiCovid-19 tidak secara signifikan membaik. Juru Bicara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi, justru menyebut dalam sepekan terakhir angka mobilitas kembali meningkat, setelah sebelumnya mulai turun. PPKM Level 4 merupakan kelanjutan dari PPKM Darurat yang sebelumnya telah berjalan three pekan sejak three Juli 2021. Niatnya, aturan ini menekan tingkat mobilitas masyarakat, agar risiko paparan tidak lagi bertambah besar. “Maksimum waktu makan untuk pengunjung 20 menit, hal teknis lainnya akan dijelaskan oleh menko dan menteri terkait,” tuturnya.

Wakil Gubernur DKI Riza Patria pun mengamini saat ditanyakan perihal pelonggaran PPKM mikro di Jakarta jika diperpanjang. Hal itu dibuktikan dengan dibukanya kembali sejumlah tempat oleh Pemprov DKI, misalnya seperti 25 taman kota. Meski pelonggaran perlu diperluas, Bigwanto dan Jhonny meminta kepada Gubernur Anies Baswedan untuk tetap memperketat protokol kesehatan. Ia mengakui ada sejumlah kelonggaran baru yang akan diterapkan yakni pembelajaran tatap muka yang boleh digelar kembali kendati masih dikhususkan untuk mahasiswa dengan jumlah yang terbatas. “Lalu pertunjukan seni budaya boleh dilaksanakan dengan maksimal penonton 25 persen dari kapasitas,” kata dia.

“Angka positivity fee juga membaik, di Januari 26 persen dan di Mei 10,eighty one persen. Juga terkait dengan kasus aktif terus juga mengalami perbaikan dan kasus aktif tertinggi di bulan Februari adalah sixteen persen dan saat sekarang juga sekitar 6 persen. Kemudian tingkat BOR nasional 35 persen dan tidak ada BOR di atas 70 persen,” jelasnya. Pemerintah kembali memutuskan untuk memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat skala mikro selama dua pekan ke depan dari tanggal four sampai 17 Mei 2021.

“Skala menurun, namun belum cukup. Pemerintah menghendaki positif rate serendah mungkin,” tuturnya. Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih menuntaskan Instruksi Menteri Dalam Negeri terbaru sebagai payung hukum perpanjangan PPKM mikro. Menurutnya, pemberlakuan jam operasional pada PPKM tahap pertama ini dinilai tidak efektif. Justru jika jam operasionalnya diperpendek, berpotensi mengundang kerumunan.

PPKM di perpanjang kembali

Di mana pada perpanjangan selanjutnya PPKM mikro akan diperluas cakupannya dengan ditambah empat provinsi yakni Gorontalo, Maluku, Maluku Utara dan Sulawesi Barat. Jakarta, CNBC Indonesia – Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjang pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat Darurat hingga 25 Juli 2021 mendatang. Surabaya – Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat skala mikro untuk semakin mengendalikan penyebaran kasus COVID-19 di wilayah setempat. Pemerintah memutuskan akan kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro.

Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menegaskan, perlu tidaknya perpanjangan PPKM tergantung dari kebijakan pemerintah. Selama periode tersebut dilakukan pembatasan kegiatan pada sejumlah sektor mulai dari pekerjaan, pendidikan, tempat makan, wisata, transportasi, seni budaya, hingga sosial kemasyarakatan. Terdapat alasan mengapa pemerintah memilih untuk menerapkan PPKM ditengah pandemi Covid-19 dibanding lockdown seperti negera lain. Namun, dalam beberapa hari mendatang, keputusan apakah akan diperpanjang kembali atau tidak akan segera disampaikan pemerintah.

Untuk mengurangi beban masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini, pemerintah juga meningkatkan pemberian bantuan sosial untuk masyarakat dan bantuan untuk usaha mikro kecil. Penjelasan secara terperinci mengenai hal tersebut akan dilakukan oleh menteri koordinator atau menteri terkait. Oleh karena itu, bukannya lockdown, pemerintah memilih menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat. Luhut mengklaim, selama PPKM darurat diterapkan, tampak perbaikan pada sejumlah aspek, mulai dari mobilitas penduduk, penurunan kasus, hingga angka keterisian tempat tidur atau bed occupancy price di rumah sakit. “Terkait evaluasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro , yang perlu menjadi perhatian adalah pada 10 hari terakhir, di mana kasus aktif nasional stagnan di stage a hundred ribu.

Perubahan lainnya yang diatur oleh Pemkot Solo yakni terkait aturan hajatan. Jika pada PPKM sebelumnya, jam operasional pusat perbelanjaan Solo dibatasi hingga pukul 19.00 waktu setempat. Sedangkan pada PPKM perpanjangan Agen PAY4D Terpercaya atau periode kedua, jam operasional hingga pukul 20.00 waktu setempat. Pada periode kedua PPKM jam operasional pusat perbelanjaan, mal, dan restoran diperpanjang satu jam dari periode PPKM sebelumnya.

Comments are closed.