Ppkm Berakhir Hari Ini, 2 Agustus 2021

Ppkm Berakhir Hari Ini, 2 Agustus 2021

Sementara itu, untuk kegiatan restoran dan mal ketentuannya masih sama dengan periode sebelumnya, yaitu dibuka hingga jam 21.00 dengan kapasitas 50 persen dan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat. Luhut mengatakan hasil tinjauan lapangan menemukan rata-rata pasien meninggal menderita komorbid atau belum menerima vaksin. Di antaranya, meningkatkan kapasitas intensive care unit dari RS dengan oksigen sentral pada daerah yang memiliki tingkat kematian tinggi, serta menyediakan isolasi terpusat dan terpantau bagi pasien resiko tinggi yang melakukan isolasi mandiri.

PPKM di perpanjang kembali

Selain itu, cakupan provinsi yang akan melaksanakan kebijakan PPKM mikro juga diperluas hingga kini mencapai 30 provinsi. Sementara untuk Zona Merah dengan kriteria jika terdapat lebih dari lima rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu Gampong selama tujuh hari terakhir, maka skenario pengendalian adalah pemberlakuan PPKM tingkat Gampong. [newline]Pemerintah harus melacak kontak erat, melakukan isolasi mandiri terpusat dengan pengawasan ketat dan menutup tempat bermain anak dan tempat umum lainnya kecuali sektor esensial. JAKARTA, AYOBATANG.COM — Kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat Jawa-Bali akan berakhir pada 25 Januari, dinilai belum ampuh melandaikan kasus positif Covid-19. Maka dari itu, Jokowi memerintahkan seluruh pemimpin daerah untuk mempercepat penyaluran bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sampai detik ini, realisasi penyerapan berbagai bantuan ini masih sangat rendah. Pemerintah, katanya juga tidak fokus melakukan strategi “3T” serta laju vaksinasi COVID-19 juga masih rendah.

Bagi mereka yang memiliki gejala ISPA juga tidak diperbolehkan masuk sekolah dan harus melakukan isolasi mandiri. Dinas Kesehatan juga diminta berkoordinasi dengan TNI untuk memperoleh akses paket obat free of charge dari Presiden Joko Widodo. Satuan Tugas PPKM di stage desa harus kembali aktif dan memantau ketat setiap warga yang terindikasi terinfeksi covid-19. Sebelumnya pemerintah memang beberapa kali membanggakan pelaksanaan PPKM Mikro yang dinilai mumpuni mengendalikan wabah. Namun selain PPKM Mikro, pemerintah juga menempuh opsi vaksinasi untuk membantu mempercepat terbentuknya herd immunity.

Perpanjangan PPKM mikro ini bertujuan untuk terus menekan laju penularan kasus COVID-19. Menurutnya, tingkat positivity rate di Indonesia masih terbilang cukup tinggi. Liputan6.com, Jakarta Kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 3-4 akan berakhir besok, 2 Agustus 2021. PPKM diberlakukan untuk membatasi mobilitas masyarakat demi mencegah penyebaran Covid-19.

Airlangga menyebutkan bahwa alasan perluasan PPKM mikro ini karena three dari four provinsi non PPKM mengalami peningkatan kasus aktif. “Dari provinsi non PPKM, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara mengalami kenaikan kasus aktif,” ujarnya. Jika perkembangan kasus Covid-19 dalam seminggu ke depan menurun, Jokowi membuka peluang untuk membuka kembali aktivitas masyarakat yang akan dilakukan secara bertahap. Harianjogja.com tak hanya menghadirkan kabar seputar Jogja namun informasi nasional dan global. Sultan mengatakan PPKM Mikro mengatur pengendalian virus Corona sampai tingkat RT dan RW.

Lebih jauh, Luhut menegaskan bahwa pemerintah akan memakai information untuk memutuskan apakah PPKM Darurat selesai atau diperpanjang. “Apapun yang mau kita putuskan nanti atau laporan kami ke Presiden, berangkat dari data-data yang didapat,” tegas Luhut. Susiwijono menyebut perpanjangan PPKM untuk menekan lonjakan wisatawan yang memanfaatkan liburan Idulfitri.

Mengantisipasi masa PPKM yang bakal diperpanjang, Syafrizal berpesan kepada daerah yang memilik kasus Covid-19 tinggi untuk dapat melakukan perbaikan di dalam penanganan kesehatan agar dapat menurunkan jumlah kasus. Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Syafrizal mengatakan, hal tersebut dibahas dalam rapat kabinet yang digelar sebelumnya. Dalam rapat tersebut membicarakan soal belum adanya penurunan angka positivity rate yang signifikan dari hasil kebijakan PPKM. Saya minta terutama untuk urusan rumah sakit agar kita semuanya cek, kontrol lapangan, cek obatnya di rumah sakit, siap atau tidak, untuk berapa hari, berapa minggu, untuk berapa bulan. Kontrol dan cek oksigennya, siap tidak, untuk berapa hari atau berapa bulan, cek juga kapasitas bed occupancy ratio ,” katanya.

Jika satgas tingkat RT dan RW tidak bisa mengendalikan, akan selalu muncul klaster penularan Covid-19. Dia mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih menuntaskan Instruksi Menteri Dalam Negeri terbaru sebagai payung hukum perpanjangan PPKM mikro. Sarman mengatakan jika melihat kondisi dunia usaha pada 2020 dan 2021 ini, jika memakai skema perbankan murni tentu agak sulit dipenuhi pelaku usaha. Sebelum memutuskan perpanjangan, Jokowi mengaku mendengarkan suara-suara yang terdampak di lapangan.

Selain itu, ia juga menyoroti kebijakan pemerintah saat ini yang menurutnya seakan melarang orang naik pesawat. Alvin menilai, ada diskriminasi kebijakan terkait transportasi udara dengan transportasi lainnya. Kemudian PPKM mikro tahap kedua dilaksanakan tanggal tanggal 23 Februari hingga 8 Slot Deposit Pulsa Maret. Hal ini dilakukan karena meski PPKM diterapkan, namun angka kasus positif COVID-19 masih tinggi. Dalam diskusi ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut Jokowi menekankan kepada kepala daerah untuk mencontoh penanganan COVID-19 di China dan India.

Comments are closed.