Lockdown Sudah, Vaksinasi Sudah, Lalu Kapan Corona Goodbye?

Lockdown Sudah, Vaksinasi Sudah, Lalu Kapan Corona Goodbye?

Adapun pelayanan kesehatan yang akan diberikan setara dengan kelas III program Jaminan Kesehatan Nasional atau diatas kelas III atas keinginan sendiri dengan selisih biaya ditanggung oleh yang bersangkutan. Untuk peserta nonaktif dan bukan peserta JKN akan didanai melalui mekanisme penadaan lain yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara sesuai ketentuan peraturan Perundang-undangan. Adapun aspek pembiayaan, bagi peserta aktif Jaminan Kesehatan Nasional maka akan ditanggung melalui mekanisme JKN dan dapat dilakukan di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan . Dalam PMK yang baru ini juga mengatur mengenai penanganan Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi COVID-19 yang membutuhkan pengobatan dan perawatan di faskes sesuai dengan indikasi medis dan protokol pengobatan. Ketentuan ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 18 Tahun 2021 yang disahkan oleh Menteri Kesehatan pada tanggal 28 Mei 2021, menggantikan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 dengan sejumlah perubahan menyesuaikan situasi dan kondisi saat ini.

Beberapa kebijakan baru mengenai vaksinasi Indonesia

Program vaksinasi ini dilakukan secara bertahap dan telah dimulai pada thirteen Januari 2021 lalu. Tenaga pendidik menjadi salah satu kalangan yang diprioritaskan pada program vaksinasi. Pada 25 Februari 2021, Presiden Jokowi bersama dengan Menteri Kesehatan dan Gubernur Jakarta telah mengawal proses vaksinasi perdana untuk tenaga pendidik di Indonesia.

Akhir Juni 2020, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, Uni Emirat Arab akan menggandeng Indonesia untuk memproduksi vaksin Covid-19. Vaksin yang akan diproduksi tengah dalam tahap penelitian oleh perusahaan G-42 dari UEA bersama China National Biotec Group Sinopharm asal Tiongkok. Ini berarti kelompok yang mendapat vaksin mengalami sakit 80% lebih sedikit daripada yang tidak mendapat vaksin. Selain itu, pengobatan terhadap kuman TBC sudah ditemukan dan terus dikembangkan, terutama terhadap tuberkulosis yang resistan obat standar. Sejarah vaksinasi menunjukkan ada jenis vaksin yang hanya butuh diberikan sekali untuk seumur hidup, ada yang perlu setiap 10 tahun, dan ada juga yang setiap tahun.

Maka itu, seluruh tahapan pengadaan dan pelaksanaan vaksin harus sudah sesuai dengan kriteria ilmiah. Presiden Joko Widodo mengharap vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan ke masyarakat harus melalui uji klinis yang benar sehingga dapat dipastikan keamanan dan efektivitasnya. Presiden mengatakan pemerintah tidak ingin ada sedikitpun masalah yang berdampak pada masyarakat penerima vaksin. Manajer Integrasi Proyek Riset dan Pengembangan Bio Farma, Neni Nurainy, mengatakan terus melakukan pemantauan terhadap efek samping atau kejadian ikutan pasca-pemberian vaksin Covid-19.

Seiring dengan konsep pengembangan KRL Jabodetabek dan sekitarnya, PT KAI membentuk anak perusahaan yakni PT Kereta Commuter Indonesia yang ditugaskan menjadi operator sarana KRL. PT KCJ yang kini berganti nama menjadi KCI dibentuk menggantikan Divisi Jabodetabek PT KAI sebagai pengelola KRL pada tahun sebelumnya. Kini KRL Commuter Line semakin menjadi moda transportasi andalan masyarakat perkotaan untuk mobilitas yang aman, nyaman, dan bebas macet. Unit kerja Link Kong4D non struktural yang melakukan kegiatan penyelengaraan pelayanan publik di lingkungan Kemenperin. Oleh karena itu, Negara harus bisa mengkomunikasikan kepada semua orang mengenai jaminan tidak akan adanya diskriminasi terhadap akses terhadap vaksin baik soal harga, distribusi, maupun keterjangkauan. Namun, transparansi mengenai harga yang didapat dari perusahaan farmasi juga perlu dibuka, karena ini akan berdampak terhadap beban anggaran keuangan negara.

Comments are closed.