Kisah Perjalanan Hidup Dr Syarif, Anak Petani Miskin Yang Menjadi Rektor

Kisah Perjalanan Hidup Dr Syarif, Anak Petani Miskin Yang Menjadi Rektor

Bisa dimulai dari hal-hal kecil dalam aktivitas keseharian anak. Misalnya, membereskan mainan selesai bermain, rajin sikat gigi sebelum tidur, dan membereskan tempat tidur. Ini merupakan latihan untuk berdisiplin, bertanggung jawab, dan awal pengajaran tentang kepemilikan. Kewirausahaan muncul apabila seseorang individu berani mengembangkan usaha-usaha dan ide-ide barunya. Proses kewirausahaan meliputi semua fungsi, aktivitas dan tindakan yang berhubungan dengan perolehan peluang dan penciptaan organisasi usaha . Esensi dari kewirausahaan adalah menciptakan nilai tambah di pasar melalui proses pengkombinasian sumber daya dengan cara-cara baru dan berbeda agar dapat bersaing.

“Tetapi buat pengusaha baru PIRT sudah cukup tetapi sambil berjalan sambil upgrade ijin enaknya” jelasnya. Pemerintah Provinsi NTB terus berikhtiar untuk melahirkan serta membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk dapat bisa menjadi pengusaha. Salah satunya melalui program inkubasi dari Science, Tehnology, dan Industrial Park NTB yang mana bertujuan mendidik, membentuk dan menginspirasi para pemuda untuk pengusaha-pengusaha baru di NTB. Ponsel atau smartphone merupakan benda yang sekarang sangat umum dimiliki oleh mahasiswa. Jika menjual ponsel membutuhkan modal yang mungkin terlalu mahal, maka aksesori ponsel bisa jadi pilihan untuk modal yang lebih sedikit.

Namun akhirnya Susi bisa menyelesaikan masalahnya, setelah berdisuksi dengan suaminya, dia membeli pesawat dengan biaya pinjaman dari financial institution. setelah 5 tahun berjuang, dia baru bisa mendapatkan pinjaman tersebut. Namun, jika kamu berpikir untuk membangun karier, tetap berusaha mengumpulkan dana supaya kamu bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Ini terkait besaran penghasilan yang kamu dapat dari bekerja. Gaji lulusan SMA, lulusan D3, dan S1 pasti berbeda lho, meski menekuni bidang yang sama. Saat hal itu terjadi jangan membuat anak jadi sedih, namun berikan semangat, motivasi, serta nasehat bahwa kesuksesan tidak bisa muncul dalam sekejap dan instan, tapi harus melalui proses.

Menjadi pengusaha sambil sekolah

Bahkan sampai mau dinikahi menolak dengan alasan masih akan menyelesaikan kuliahnya. Setelah ‘tembakannya’ diterima, Agus Setiawan sering mendatangi rumahnya sambil belajar hingga masuk ke SMA. Meskipun sering datang ke rumahnya tetap dibatasi dan jaga jarak.

“Selama saya masih bisa membiayai hidup sendiri, saya nggak mau dikatakan miskin. Beberapa kali saya diminta untuk ikut program beasiswa dengan mengajukan surat keterangan tidak mampu, namun bagi saya, saya masih mampu membiayai hidup saya. Jadi lebih baik beasiswa tersebut diserahkan pada mereka saja yang lebih tidak beruntung dari saya. Bagi saya, mereka lebih berhak.” Prinsip inilah yang ia pegang hingga akhirnya mampu membawanya menjadi seorang sarjana. Kala itu, dia harus menanggalkan keinginannya untuk melanjutkan sekolah ke SMA. Setelah lulus SMP, Awi harus ikut kedua orang tuanya merantau berjualan gorengan.

Tapi seperti umumnya anak jenius, banyak hal yang didapatnya dari keluarga maupun sekolah, tidak bisa memuaskan pikirannya. Setelah bisnis SPBU berjalan, Uki mulai merambah bisnis penukaran uang . Setiap gerai money changer yang didirikannya dipadukan dengan toko emas. Kini Uki memiliki delapan outlet cash changer dan toko emas. Di sektor keuangan tidak sampai di situ, Uki juga mendirikan Bank Perkreditan Rakyat . Tercatat 450 ribu pedagang memajang barangnya di Bukalapak.

Comments are closed.