Kabar Baik, Indonesia Kebagian Hibah Vaksin Covid

Kabar Baik, Indonesia Kebagian Hibah Vaksin Covid

Izinkan saya ulangi , jika anda sudah divaksinasi penuh, anda tidak perlu lagi memakai masker,” ujar Joe Biden. Selain itu, ketersediaan pasokan dan distribusi vaksin bisa memperlambat, dan mengganggu pemulihan ekonomi. Tentu information masih terbatas, dan perlu dilakukan studi dengan metodologi yang lebih baik. Namun, temuan ini memberikan optimisme bahwa pemberian vaksin meningkatkan mobilitas. Peningkatan mobilitas pada gilirannya akan meningkatkan aktivitas ekonomi, seperti belanja. Studi kuantitatif tahap awal yang saya lakukan juga menunjukkan adanya perubahan perilaku dalam mobilitas orang di Indonesia pascavaksinasi.

“Saya ucapkan terima kasih atas kerja samanya dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 di Indonesia. Dengan bertambahnya stok vaksin 50 juta dosis merk Pfizer ini diharapkan dapat mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Indonesia,” katanya. Dengan datangnya sejumlah dosis vaksin Covid-19 tersebut ke Indonesia, maka pemerintah akan kembali melakukan percepatan vaksinasi massal setelah sebelumnya sedikit mengurangi intensitas pemberian vaksin dalam rangka menjaga ketersediaan stok vaksin di dalam negeri. “Dan perlu saya tegaskan pertama seluruh prosedur harus dilalui dengan baik. Dalam rangka menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta efektivitas vaksin.

Pandemi adalah ketidakpastian yang belum bisa dikendalikan; dan vaksin adalah ikhtiar untuk membuat hidup menjadi lebih jinak, menjadi lebih patuh. Vaksin dipercaya menjadi jawaban terhadap pandemi ini, tetapi kita harus hati-hati. Kedua, dari information keamanan uji klinik fase I dan Fase II, profil AE sistemik berupa fever pada populasi tahun yang tidak dilaporkan dibandingkan dengan usia 3-5 tahun dan 6-11 tahun. Kasus COVID-19 akhir-akhir ini dilaporkan meningkat, banyaknya temuan pasien COVID-19 balita dan anak mulai meningkat.

Pemerintah saat ini tengah mengupayakan percepatan kedatangan vaksin corona agar segera memenuhi target yang telah ditentukan. Sebanyak 70 persen dari penduduk Indonesia atau 181,5 juta orang ditargetkan bisa divaksinasi hingga akhir tahun 2021. Melansir nejm.org, untuk melihat efektivitas vaksin sinovac, peneliti melibatkan lebih kurang 10,2 juta orang di Chile. Astra Zeneca sendiri mengungkapkan bahwa jika uji coba berhasil, pihaknya memiliki kapasitas produksi maksimal hingga dua milyar dosis vaksin. Vaksin ini tengah menjalani uji coba klinis tahap II dan III di Inggris, serta tahap III di Brazil dan Afrika Selatan.

Produsen obat AS Pfizer (PFE.N) dan mitranya dari Jerman BioNTech (BNTX.O) mengatakan uji coba skala besar mereka menunjukkan vaksin lebih dari ninety persen efektif mencegah COVID-19. Beredar informasi di masyarakat yang menyebutkan bahwa vaksin COVID-19 yang akan digunakan dalam program vaksinasi hanyalah untuk uji klinis. Faktanya, vaksin ini bukanlah untuk uji klinis dan telah memperoleh izin penggunaan dari BPOM. “Saya ingin menyampaikan satu kabar baik. Satu kabar baik bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin Covid-19,” Jokowi dalam pernyataannya yang disiarkan melalui akun Youtube Sekertaris Presiden hari ini, Minggu 6 Desember 2020. Budi menyebut goal vaksinasi Indonesia adalah 181,5 juta orang atau 363 juta dosis. Jadi, kata dia, dengan total 441 juta dosis vaksin yang akan tiba di RI hingga akhir tahun seharusnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi di Tanah Air.

Kabar baik bahwa Indonesia sudah banyak yang di vaksin

Fakta sebenarnya adalah waktu tersebut merupakan penyelesaian vaksinasi ke seluruh dunia, bukan untuk Indonesia. Setelah mendapatkan jumlah virus yang cukup, virus akan dipisahkan dari media pertumbuhan dan dimatikan untuk dijadikan vaksin. Jadi, sel vero tidak akan ikut terbawa dalam proses akhir pembuatan vaksin.

Kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021. Selain vaksin dalam bentuk jadi, dalam bulan ini juga akan tiba 15 juta dosis vaksin dan di bulan Januari sebanyak 30 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku curah Agen PAY4D yang akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma. Presiden juga menyatakan syukur, vaksin sudah tersedia, artinya bisa segera mencegah meluasnya wabah COVID-19. Tetapi untuk memulai vaksinasi masih memerlukan tahapan-tahapan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan .

Comments are closed.