Ilmuwan Peringatkan Kemunculan Varian Baru Corona Yang Lebih Mematikan

Ilmuwan Peringatkan Kemunculan Varian Baru Corona Yang Lebih Mematikan

Dibutuhkan fisik yang bugar bagi tenaga medis untuk memvaksinasi penduduk di daerah pegunungan di tenggara Turki. “Orang sering tinggal berdekatan dan infeksi bisa menyebar dengan cepat,” kata Dr. Zeynep Eralp. Orang-orang di pegunungan tidak suka pergi ke rumah sakit, jadi “kita harus pergi ke mereka,” tambahnya.

Beberapa varian baru sudah muncul saat ini

WHO mencatat berbagai peningkatan kasus sampai 49% varian B.117 yang bersirkulasi di Asia Tenggara. Inilah memang varian (Covid-19) Delta ini, penularannya sangat cepat sekali. CDC juga memperingatkan bahwa varian itu dapat menyebabkan penyakit parah, tulis Washington Post yang mengutip dokumen inside CDC. Inggris diketahui tengah melakukan program vaksinasi COVID-19 sejak pekan lalu. Namun, di tengah program vaksinasi tersebut, versi baru dari COVID-19 ditemukan di Inggris bagian tenggara. Pergerakan barang, komoditas, dan rantai pasokan dari negara-negara di mana virus yang bermutasi belum muncul, akan terus berlanjut seperti biasa.

Menurutnya, hal tersebut akan cukup ampuh untuk mencegah penularan dari berbagai hasil mutasi virus corona yang sudah masuk ke Indonesia. Salah satu kekhawatiran utama tentang varian virus corona adalah jika mutasi dapat memengaruhi pengobatan dan pencegahan. Dan para peneliti benar-benar memberikan perhatian lebih terhadap varian satu ini.

Lalu sering-seringlah mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, terutama setelah menyentuh barang di tempat umum. Sistem imun manusia menggunakan sejumlah taktik untuk melawan virus corona. Virus akan berusaha menghindari perlawanan sistem imun, menggandakan diri, dan menyebar ke manusia-manusia lain. Karakteristik yang membantu kelangsungan hidup virus itu umumnya bertahan saat terjadi penggandaan diri. Varian baru Covid-19 saat ini berjumlah sangat banyak karena hampir tiap pekan ditemukan mutasi baru. Varian virus di suatu negara bisa jadi berbeda dengan varian virus yang sama di negara lain.

Pengumuman itu merupakan berita buruk di saat beberapa negara sedang memerangi gelombang infeksi baru virus covid-19 varian Delta. Para peneliti mendeteksi varian baru Covid-19 dengan teknik mengurutkan genome virus dari sampel pasien. Teknik ini membutuhkan waktu yang lama di laboratorium dengan standar khusus. Pasien Covid-19 sendiri tidak Kong Slot bisa langsung mengetahui varian virus apa yang menginfeksi berdasarkan gejala yang dialami. Ketika menginfeksi manusia, suatu virus menempel pada sel, memasukinya, dan menggandakan RNA untuk menyebar ke seluruh tubuh si manusia. Tapi dalam penggandaan RNA ini bisa terjadi kesalahan sehingga RNA baru yang terbentuk berubah dari aslinya.

Varian B.117 saat ini merupakan varian yang paling banyak dilaporkan oleh orang dari berbagai negara. Organisasi Kesehatan Dunia mencatat berbagai peningkatan kasus sampai 49% varian B.117 yang bersirkulasi di Asia Tenggara. Varian Delta terbukti menurunkan kemampuan penetralisir beberapa vaksin Covid-19. Mengutip WHO, untuk mencegah varian baru ini, bila hanya dilawan dengan satu dosis vaksin Pfizer dan AstraZeneca, maka akan berkurang efektivitasnya, tapi efektivitas akan terjaga setelah dua dosis vaksin diinjeksikan. Kemudian, jangan lupa untuk mengabarkan hasil tesmu kepada orang-orang yang pernah berkontak erat denganmu selama setidaknya dua minggu terakhir. Justru dengan memberitahu hasil tes, orang-orang yang pernah berkontak erat denganmu dapat memastikan kondisi kesehatannya dengan melakukan tes Covid-19 dan isolasi mandiri.

Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala COVID-19, janganlah mengganggap sepele kondisi ini dan segeralah lakukan isolasi mandiri, mengingat varian COVID-19 Alfa, Beta dan Delta sudah ditemukan di Indonesia. Apabila gejala yang dirasakan tak kunjung membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter. Meski demikian, beberapa penelitian sejauh ini mengatakan bahwa COVID-19 varian Kappa tidak menunjukkan tingkat penularan atau keparahan infeksi yang lebih parah dibandingkan COVID-19 jenis awal. Efektivitas vaksin dan pengobatan COVID-19 terhadap COVID-19 jenis baru ini juga masih terus diteliti.

Itu kami mohon secepatnya ada penelitian,” katanya usai menghadiri acara Uji Klinik Vaksin COVID-19 Rekombinan Anhui di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Kota Bandung, Rabu (3/3). Virus corona hasil mutasi di India dilaporkan paling banyak ditemukan di provinsi Sumatera dan Kalimantan. “Kekhawatiran terbesar yang saya pikir kita berkecimpung di bidang kesehatan masyarakat dan ilmu pengetahuan, khawatir akan virus dan potensi mutasi virus itu. Kita memiliki sebuah virus sangat menular yang berpotensi menghindari vaksin dalam hal bagaimana vaksin melindungi kita dari penyakit yang parah dan kematian,” kata Direktur CDC, Dr. Rochelle Walensky. Dirinya juga menyebutkan kalau vaksin hampir dapat dipastikan efektif terhadap semua varian virus corona.

Dikutip dari laman Medical News Today, berikut ini fakta-fakta varian Delta Plus, varian baru COVID-19 yang diketahui sudah terdeteksi di Indonesia. Tidak hanya itu, varian Delta pun sudah menyebar ke sejumlah wilayah di Indonesia. “Dikatakannya bahwa varian Delta sudah ada di lebih dari 104 negara dan bukan tidak mungkin akan mendominasi situasi di waktu mendatang ini,” katanya. Media sindikasi Zonautara.com yang mengulas isu perempuan, anak dan gender. Selain itu, varian baru ini disebut-sebut setara dengan Middle East Respiratory Syndrome yang beberapa tahun lalu sempat mewabah di berbagai penjuru dunia. ZONAUTARA.COM – Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat menerbitkan sebuah dokumen yang menjelaskan prediksi munculnya varian baru COVID-19.

Dengan demikian, seluruh lapisan masyarakat harus terus bergotong royong, bergandengan tangan untuk melawan pandemi. Melalui kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan 3M dan mendukung persiapan vaksinasi serta siap divaksin saat vaksin siap. Dari 23 mutasi dalam varian Inggris, 17 mutasi memiliki potensi penting yang mengubah bentuk protein lonjakan pada virus. Protein lonjakan adalah kunci yang digunakan virus untuk membuka pintu masuk ke sel tubuh kita.

Comments are closed.