5 Langkah Cegah Corona Di Lingkungan Sekolah

5 Langkah Cegah Corona Di Lingkungan Sekolah

“Buatlah kegiatan yang menyenangkan yang mungkin bisa dilakukan saat isolasi mandiri.” Perawat harus memakai sarung tangan sekali pakai saat menangani cucian kotor pasien dan membuangnya setelah digunakan. Jika menggunakan sarung tangan yang dapat digunakan kembali, sarung tangan itu harus digunakan hanya untuk pembersihan dan desinfeksi permukaan untuk mencegah Covid-19 dan tidak boleh digunakan untuk keperluan rumah tangga lainnya.

Orang yang dicurigai terinfeksi virus Corona harus segera dirujuk ke IGD rumah sakit terdekat agar mendapat penanganan yang tepat. Hal-hal seperti mencuci tangan dan menutup mulut saat batuk atau bersin dengan siku atau tisu merupakan hal yang sangat membantu dalam mencegah penyebaran virus. Saat membersihkan atau melakukan disinfeksi, Anda perlu menggunakan sarung tangan dan masker, serta mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setelah selesai membersihkan rumah.

Padahal, ketiga indera tersebut dapat menjadi ‘gerbang utama’ dari virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun ketika tangan dalam keadaan kotor. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization , isolasi mandiri ini dapat direkomendasikan untuk individu yang diyakini telah terpapar Covid-19, tetapi tidak bergejala.

Tes ini dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan virus corona di dalam dahak atau biasanya juga dilakukan di hidung. Melakukan cara pencegahan virus COVID-19 ini sangat membantu dalam menghambat penyebaran virus. Mempraktikkan kebersihan yang baik, mengikuti pedoman ini, dan mendorong teman dan keluarga kamu untuk melakukan hal yang sama akan sangat membantu dalam mencegah penyebaran virus SARS-CoV-2. Periksa segera ke RSGM/RS UKM/ RS lain yang terdekat, jika mengalami gejala infeksi virus dan gangguan pernapasan seperti batuk, flu, demam, sesak napas. Periksa segera ke RSGM/RS UKM/RS lain yang terdekat, jika mengalami gejala infeksi virus dan gangguan pernapasan seperti batuk, flu, demam, sesak napas.

Gejalanya yang samar dan penularannya yang cepat membuat banyak orang was-was untuk bepergian, terutama menggunakan transportasi umum atau ke tempat-tempat yang menjadi pusat keramaian. Jika rutinitas piket di kelas sudah dilakukan setiap pagi atau sehabis kegiatan belajar mengajar usai, tidak ada salahnya seminggu sekali diadakan jadwal kerja bakti tiap-tiap kelas atau jenjang. Membersihkan lorong depan kelas, hingga halaman sekolah selama menit kiranya selain membuat siswa aktif bergerak, daya tahan tubuh mereka diharapkan juga ikut menguat.

Mereka sendiri tidak boleh merupakan bagian dari kelompok rentan , dan mereka harus diberikan informasi yang memadai dan perlengkapan pelindung diri . Misalnya, fasilitas kesehatan dan Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, pihak berwenang setempat, penyedia layanan perawatan di rumah, serta pihak-pihak yang menyediakan bantuan sosial. Hingga saat ini berbagai negara di dunia sudah melakukan berbagai tes sebagai cara untuk mendeteksi penyakit COVID-19 di tahap awal guna mencegah penyebaran penyakit secara lebih luas. Selalu tetap bersikap tenang dan tidak sampai memiliki ketakutan berlebihan atas virus corona. Namun dengan tetap tenang dan melakukan sejumlah tingkat pencegahan, yakinlah bahwa semuanya akan baik-baik saja. Setiap kali kamu demam, batuk, atau susah bernafas, penting bagi kamu untuk mencari bantuan medis sesegera mungkin, karena ini bisa jadi disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atau kondisi serius lainnya.

“Pasien yang menderita Covid-19 sebagian besar (90%) akan sembuh dengan penatalaksanaan yang baik. Disamping itu, yang tidak kalah pentingnya adalah imunitas tubuh kita berperan penting dalam mengeliminasi virus tersebut,” ujarnya. Pada dasarnya, kata Nurul, virus itu bisa dikalahkan oleh pasien yang memiliki imunitas yang baik. Dia menegaskan, vaksin yang ada berguna untuk mencegah gejala-gejala berat corona. Waktu yang diperlukan sejak tertular/terinfeksi hingga muncul gejala disebutmasa inkubasi.

Langkah tepat jika terkena Covid

Untuk mengurangi penularan virus di dalam rumah, cobalah untuk menjaga aliran udara tetap baik dengan jendela atau pintu terbuka, jika cuaca memungkinkan. Jaga kebersihan dan fokus makan sehat, olahraga teratur serta memiliki tidur berkualitas. Jika penderita Covid-19 adalah anggota keluargamu atau seseorang yang tinggal satu atap denganmu, pastikan anggota keluarga lainnya tetap sehat.

Awalnya disiapkan a hundred RS pemerintah ditambah menjadi 132 RS pemerintah, 109 RS milik TNI, 53 RS Polri, dan 65 RS BUMN. Sektor pariwisata merupakan bidang yang terdampak secara langsung akibat wabah Korona. Untuk itu, pemerintah menyiapkan insentif fiskal demi mendongkrak industri pariwisata yang lesu akibat wabah korona. Insentif ini diharapkan akan mendorong maskapai penerbangan, industri perhotelan, dan agen perjalanan untuk memberikan diskon tarif persen selama tiga bulan.

Berada dalam keramaian atau sekelompok orang membuat kamu akan berpeluang menularkan atau tertular virus COVID-19. Keramaian disini termasuk tempat beribadah karena kamu mungkin harus duduk atau berdiri berdekatan dengan jemaat lain. Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti ponsel, makeup, atau sisir. Penting juga untuk tidak menggunakan peralatan makan dan sedotan yang sama dengan orang lain termasuk keluarga kamu sendiri.

Comments are closed.