10 Menteri Dinilai Gagal Tangani Corona, Jokowi Didesak Reshuffle Kabinet [newline]pemerintah Gagal Menanangani Covid

10 Menteri Dinilai Gagal Tangani Corona, Jokowi Didesak Reshuffle Kabinet [newline]pemerintah Gagal Menanangani Covid

Terakhir, migrasi musiman, seperti mudik lebaran, juga pengangguran di perkotaan sebagai dampak dari krisis, akan membuat masyarakat pedesaan cukup rentan terkena Covid-19 dari para pendatang. Kepastian pelaksanaan protokol-protokol ini tidak bisa ditawar-tawar dan memang tantangannya cukup berat dilakukan di daerah-daerah terpencil. Pemerintah dan perangkat desa serta kelompok masyarakat harus bahu-membahu menggalakkan budaya ini melalui program-program pemasyarakatan dengan berbagai saluran. Kedua, solusi harus bersifat integratif dengan memasukkan sektor pendukung pertanian ke dalam perlakuan khusus. Sektor yang terpenting di antaranya adalah sektor transportasi dan logistik yang menghubungkan produk-produk pertanian ke pasar, juga sektor-sektor yang mengangkut input, baik bahan baku, maupun mesin-mesin atau alat-alat berat yang penting dalam aktivitas produksi pertanian.

Untuk ini, jika diperlukan untuk mengoptimalkan kelembagaan dan meningkatkan sense-of-sectoral crisis, perlu dibuat pokja khusus penanganan sektor pertanian. Penilaian negatif sebagian besar masyarakat terhadap pemerintah pusat diharap mendorong Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin untuk mengubah kinerjanya dalam penanganan pandemi Covid-19. Sementara lima alasan responden mengaku puas dengan kinerja pemerintah pusat karena; penanganan PSBB sudah cukup baik , penanganan cepat tanggap , mulai banyak pasien yang sembuh , kebijakan PSBB sudah tepat , dan melihat kerja nyata pemerintah . Survei yang sama juga menunjukkan, sebagian besar masyarakat di 7 provinsi tidak puas dengan langkah pemerintah pusat menangani pandemi Covid-19 sejauh ini. Dilansir dari Reuters, Jumat, 21 Agustus 2020, Indonesia memiliki penyebaran infeksi virus corona tercepat di Asia Timur, dengan 17 persen orang dinyatakan positif, meningkat hampir 25 persen di luar Ibu Kota Jakarta.

Namun, penasehat pemerintah menegaskan keputusan Indonesia untuk tidak melakukan penguncian penuh didorong oleh masalah ekonomi dan keamanan. Ketua Subbidang Mitigasi Perubahan Perilaku Satuan Tugas COVID-19 Brigjen Purnawirawan Irwan Amrun mengatakan kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia sekarang sudah gawat. Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia telah memperingatkan pemerintah tentang kenaikan ini setelah melakukan pelacakan kenaikan COVID-19 di seluruh Indonesia melalu pelacakan di fifty nine kota yang menyumbangkan 70 persen dari whole kasus COVID-19 di Indonesia. Program pelacakan ini berlangsung dari November 2020 hingga akhir Maret 2021. Ironisnya Kementerian Kesehatan tidak melanjutkan program pelacakan itu sehingga perebakan makin tidak terdeteksi.

Hanya ada forty one,1 persen responden yang mengaku tak puas atas kebijakan pemda menangani pandemi. Counter-cyclical ini kebanyakan gagal diterapkan di berbagai negara terlebih pula di Indonesia. “Kita menghadapi banyak contoh di berbagai negara, di mana pemerintah itu gagal melakukan counter-cyclical ini. Pemerintah ketika kemudian masyarakat itu lesu ekonominya, tidak kemudian mendorong dengan lebih baik; tidak banyak mengeluarkan duit atau gagal di alokasi anggarannya. Malah justru kemudian sudah ekonomi kembang kempis, ternyata kemudian direm lagi oleh pemerintah,” ujar Wahyudi.

Indonesia gagal dalam menangani Covid

Dengan demikian, apakah kebijakan PSBB ini cenderung akuntabel kepada rakyat? Hal ini tergantung pada sejauh mana pendekatan ini akan efektif dalam penanganan covid-19 di Indonesia. Jika dalam perjalannnya ternyata PSBB tidak efektif dan membuat penyebaran covid-19 semakin bertambah besar, tentu saja publik perlu meminta pertanggungjawaban pemerintah dan ini juga termasuk membuat kebijakan baru yang lebih efektif dan akuntabel. Disini dapat dilihat, akuntabilitas merupakan salah satu indikator yang penting dalam tata kelola pemerintahan yang baik.

Nasabah akan dikenakan biaya Administrasi untuk setiap transaksi sukses atas Autodebit. Selanjutnya, Nasabah akan menginput OTP yang dikirimkan ke nomor handphone Nasabah. Pengguna tunduk pada Peraturan Bank serta peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.

Kemudian akan diminta untuk melakukan pemeriksaan terkait gejala yang dialami dan mengunjungi pos kesehatan yang sama. Jika penyebabnya bukan COVID-19 dan suhu sudah kembali normal, maka vaksinasi bisa dilakukan dengan melakukan skrining terlebih dahulu. Vaksinasi merupakan proses memasukkan virus yang sudah dilemahkan atau dimatikan untuk merangsang respon tubuh untuk menghasilkan antibodi/imunitas terhadap virus yang diinginkan. Melansir John Hopkins Medicine, semua vaksin yang akan digunakan sudah dinyatakan aman karena melewati uji klinis beberapa tahap, termasuk vaksin yang diproduksi oleh Sinovac yang digunakan di Indonesia. Kebijakan itu, kata Erick, membawa pertumbuhan ekonomi RI lebih baik dibanding negara lain meski mencatat angka minus.

“Kematian yang tak bisa diantisipasi dengan penyediaan layanan medis, menunjukkan fakta jelas tentang kegagalan negara dan dapat disebut sebagai constitutional failure. Pemerintahan Jokowi harus meminta maaf terbuka dan menegaskan tanggung jawab hukum dan politiknya,” kata Herlambang. Inisiator Slot Online LaporCovid-19 Irma Hidayah menyampaikan kritik pemerintah yang tidak bisa mencegah angka kematian akibat penanganan COVID-19 yang bermasalah. Menurut Irma, angka kematian seharusnya bisa ditekan sejak awal bila pemerintah melakukan pencegahan dan pengendalian secara cepat dan kuat.

Comments are closed.