Warga Sulut Demam Dan Lemas Setelah Suntik Vaksin Astrazeneca, Ini Penjelasan Pemerintah

“Pemerintah sudah saatnya memberikan kesempatan selebar-lebarnya dan seluas-luasnya untuk pengembangan vaksin dalam negeri,” tutur Felly. “Komisi IX DPR sejalan dengan sikap Presiden yang menolak nasionalisme vaksin,” kata Felly. Vaksin merupakan barang publik sehingga tidak boleh ada pembatasan terhadap produksi dan distribusi. Felly mengatakan, penegasan sikap Presiden dalam forum dunia tersebut amat penting. Artikel ini diterbitkan atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana .

“Kemudian, pemerintah sudah saatnya memberikan kesempatan selebar-lebarnya dan seluas-luasnya untuk pengembangan vaksin dalam negeri,” tutur Felly. VIVA – Ketua Komisi IX DPR Felly Estelita Runtuwene mengatakan, DPR akan mendukung semua kebijakan pemerintah untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Jumlah dosis vaksin itu sudah memperhitungkan jumlahwasterage rate15%.Wasterage ratemerupakan vaksin sisa, tidak terpakai, hilang, ataubuffer stockkebutuhan darurat. Oleh sebab itu, meskipun banyak beredar isu-isu seputar vaksin yang belum jelas kebenarannya, Anda tidak perlu ragu atau takut untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Dari fakta-fakta di atas, bisa kita lihat bahwa vaksin COVID-19 membawa banyak manfaat, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bagi banyak orang.

“Kekebalan kelompok bisa dicapai apabila yang sehat melaksanakan vaksinasi dengan jumlah yang memadai sehingga bisa melindungi kelompok yang tidak bisa divaksinasi,” ujar Wiku dalam konferensi pers virtual pada Kamis (10/12). “Itu merupakan bentuk pelayanan dan pemenuhan kebutuhan dasar yang seharusnya dilakukan pemerintah kepada masyarakat,” ujar Dicky kepada Katadata.co.id pada Kamis (10/12). Pemerintah menargetkan a hundred and seventy juta penduduk Indonesia menerima vaksin virus corona.

Yakni, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,”ucapnya. Untuk penyakit lain yang tidak disebutkan dalam format penapisan ini dapat berkonsultasi kepada dokter ahli yang merawat. Disarankan saat mendatangi tempat layanan vaksinasi dapat membawa surat keterangan atau catatan medis dari dokter yang menangani selama ini.

“Sebab, dengan divaksin dapat menumbuhkan imunitas dalam melawan virus termasuk covid-19,”kata Masranik, usai divaksinasi covid-19 Puskesmas Penyinggahan, di Kampung Penyinggahan Ilir Kecamatan Penyinggahan, pada 2 Maret 2021. Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari PMJ News, Menkes menjelaskan bahwa remaja yang ingin divaksin Covid-19 harus datang dengan membawa lansia. Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir sebelumnya juga mengatakan sebagai distributor, Bio Farma juga tengah menyusun sistem distribusi vaksin dengan memanfaatkan teknologi. Mulai dari pengemasannya, Bio Farma akan menggunakan sistem track and trace.

Vaksin dari pemerintah

“Kita juga sudah melakukan kontak bilateral. Kemarin ada Menlu inggris itu datang sempat bertemu dengan ibu Menlu dan saya. Dan kita sudah berbicara karena AstraZeneca dari inggris, untuk memastikan semua rencana yang ada tolong dipenuhi,” kata Budi. “Tentu kita melihat vaksin AstraZeneca kita perolehnya dari Korea Selatan, jadi tentu kita harap yang dari Korea ini bisa terus menyuplai,” kata Airlangga. “Dengan adanya third wave itu seperti Amerika melarang ekspor vaksin. Inggris juga membatasi, Eropa membatasi, India membatasi, bahkan juga China juga ada tekanan untuk membatasi,” imbuhnya. “Hari ini kita masih tunggu seed vaksin dari Eijkman ke kita. Nanti Bio Farma yang akan lakukan uji klinis, kita jadi sponsor bekerja sama dengan fakultas kedokteran seperti UI/UNPAD,” tutur dia. Setelah itu, baru dipastikan ke BPOM segala bentuk uji klinisnya agar mendapatkan emergency use authorization . “Nanti setelah seed vaksinnya ada akan diserahkan ke Bio Farma untuk dilakukan proses hulu ke hilirnya,” imbuh dia.

Program vaksinasi COVID-19 di Indonesia mulai dilakukan oleh pemerintah, pada Rabu (13/1) pagi di Istana Negara. Orang yang pertama kali disuntik vaksin buatan Sinovac adalah Presiden Joko Widodo. Pada saat yang sama, sejumlah pejabat, tokoh agama, organisasi profesi serta perwakilan masyarakat turut mengikuti vaksinasi. Program vaksinasi pemerintah tetap berjalan, jadi tidak akan mengubah jadwal maupun sasaran yang telah ditetapkan,” ucapnya. Sama dengan vaksinasi yang dijalankan pemerintah, setiap orang yang telah diberikan vaksinasi Gotong Royong akan memperoleh kartu vaksinasi COVID-19 atau sertifikat elektronik. Diungkapkan oleh Nadia bahwa layanan vaksinasi Gotong Royong tidak boleh dilakukan di fasyankes milik pemerintah.