Warga Lansia Purwakarta Mulai Divaksin

Vaksinasi Covid-19 untuk kalangan lansia di Jepang berlangsung di Hachioji Tokyo, Senin (12/4/2021). Dan banyak pemerintah daerah pada awalnya memprioritaskan penghuni fasilitas untuk lansia yang berisiko tinggi terkena pandemi dan mutan baru yang semakin banyak menyebar di Jepang. Namun, perlu diketahui, vaksinasi hanyalah salah satu cara untuk mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19.

Adapun kemampuan vaksinasi di setiap pos pelayanan vaksinasi yakni setiap rumah sakit sebanyak a hundred sasaran dan puskesmas sebanyak 50 sasaran per hari, vaksinasi tahap 2 termin ketiga untuk dosis pertama akan tuntas dalam sepekan. Sedangkan interval vaksinasi Covid-19 Sinovac untuk dosis kedua bagi semua sasaran adalah 28 hari.jelas Gaguk. Dijadwalkan, dengan kemampuan vaksinasi di setiap pos pelayanan vaksinasi yakni setiap rumah sakit sebanyak 100 sasaran dan puskesmas sebanyak 50 sasaran per hari, vaksinasi tahap dua termin ketiga untuk dosis pertama akan tuntas dalam sepekan. Sedangkan interval vaksinasi Covid-19 Sinovac untuk dosis kedua bagi semua sasaran adalah 28 hari. Ya, vaksinasi untuk tenaga kesehatan lansia langsung akan dimulai hari ini. Menkes, Budi Gunadi Sadikin, menuturkan, percepatan vaksinasi untuk lansia dilakukan demi menekan angka kematian.

Seorang warga lansia mengangkat jempol saat menjalani penyuntikkan vaksin COVID-19. Selanjutnya, Siti Nadia menjelaskan prasyarat bagi lansia untuk bisa divaksinasi pada waktunya nanti, Lansia yang selama ini memiliki penyakit kronik seperti sakit jantung, kelainan darah, penyakit ginjal, diharapkan untuk kontrol dulu ke dokternya. Program vaksinasi merupakan salah satu upaya mencapai kekebalan kelompok dengan goal penduduk yang divaksinasi sebanyak 70 persen. Lebih lanjut, lansia dengan penyakit komorbid terkendali bisa mendapatkan vaksin. Menurut Konsultan Alergi Imunologi di RSCM/FKUI itu, lansia memerlukan waktu lebih lama untuk membentuk antibodi dan rentang waktu untuk pemberian vaksin kedua zero-14 hari setelah vaksinasi COVID-19 pertama dinilai belum cukup.

Windu memprediksi vaksinasi di Indonesia bisa rampung paling cepat dalam waktu 1,5 – three tahun. Tetapi kita ikuti standar atau prosedur… yang dilakukan oleh Kemenkes, pihak penyelenggara vaksinasi, kan sudah ada SOP nya. Prof Iris yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Pimpinan Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia mengaku belum disuntik vaksin karena masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium menyusul penyakit penyerta yang ia miliki. “Lokasi layanan vaksinasi Covid-19 ini sementara ya, karena akan berkembang sejumlah alokasi vaksin yang dikirim dari @kemenkes_ri ke @dinkesdkim,” tulis akun tersebut, Selasa (23/2).

Layanan ini sudah dibuka mulai sejak Rabu (3/3/2021) lalu dan akan terus berlangsung hingga akhir 2021 mendatang. Melansir laman Setkab vaksinasi beroperasi setiap hari dengan jam pelayanan dari pukul 09.00 WIB hingga sixteen.00 WIB. Para lansia ber-KTP DKI Jakarta cukup mendaftarkan diri melalui layanan aplikasi kesehatan Halodoc.

Budi Gunadi menambahkan, jika cakupan vaksinasi untuk kelompok lansia dapat segera memenuhi target maka akan meminimalisir tekanan terhadap rumah sakit dan juga tenaga kesehatan. Menurut Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pemberian vaksin COVID-19 untuk lansia akan dilaksanakan setelah vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik. Dikutip dari laman resmi Covid19.go.id, kelompok penerima vaksin Covid-19 tahap kedua di antaranya adalah Petugas Pelayanan Publik termasuk pedagang pasar, guru, petugas transportasi publik dan lain-lain, serta juga kelompok masyarakat lanjut usia . PURWAKARTA, AYOPURWAKARTA — Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat mulai melakukan vaksinasi terhadap warga lanjut usia sebagai upaya antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di daerah tersebut. “Pada tahap pertama vaksinasi untuk lansia ini, kami menyasar lakukan vaksinasi 430 vial. Jika dimaksimalkan satu vial bisa untuk 9 atau 10 orang,” kata Bupati setempat Anne Ratna Mustika di Purwakarta, Jumat (10/4). Sinovac sebelumnya hanya dibolehkan untuk kelompok usia dewasa rentang usia tahun lantaran evaluation China dan Brasil belum rampung.

Syaratnya organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal. Vaksinasi selama bulan puasa dilaksanakan pada hari dan jam kerja, diutamakan untuk yang kondisinya siap. Sedangkan skrining vaksinasi bagi kelompok komorbid dan penyakit kronik lainnya harus dipenuhi terlebih dahulu sesuai dengan ketentuan atau aturan vaksinasi Covid-19 lansia. Demikian disampaikan PIC Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo terkait program vaksinasi Covid-19 tahap dua dan prioritas sasaran vaksinasi pada bulan Ramadhan, Minggu (11/four/2021).

Di samping itu, BPOM telah mengeluarkan informasi untuk tenaga kesehatan atau fact sheet yang dapat digunakan sebagai acuan melakukan screening sebelum vaksinasi. Apabila calon penerima vaksin dari kelompok lansia mengalami hal tersebut, maka diwajibkan untuk melaporkan ke petugas kesehatan. Penny menambahkan, telah mengeluarkan informasi untuk tenaga kesehatan atau lembar fakta yang dapat digunakan sebagai acuan bagi tenaga kesehatan dan vaksinator di dalam melakukanscreeningsebelum melaksanakan vaksinasi terhadap lanjut usia. Berdasarkan keputusan tersebut, Kementerian Kesehatan akan segera melakukan vaksinasi bagi tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun.

Vaksin bagi lansia

Karena itu, pihaknya mempersiapkan penyuntikan massal di setiap kecamatan untuk mencapai goal tenaga pengajar. Suasana Aula Olahraga Kantor Pusat Bank BJB yang menjadi lokasi vaksinasi Covid-19 di Jalan Naripan, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (24/3/2021). Sekitar 3.000 karyawan Bank BJB mendapatkan akses vaksin untuk menunjang kegiatannya melayani nasabah. Sistem imunitas yang rendah dan faktor komorbid yang dimiliki orang lanjut usia, membuat mereka menjadi prioritas golongan yang wajib divaksin.

Lansia yang berumur 60 tahun atau usia di atasnya dapat mendaftarkan diri untuk vaksinasi. Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, salah satunya terhindar dari lima tanda kerapuhan. Data harus dilengkapi diantaranya nomor induk kependudukan , nama, jenis kelamin, memilih fasilitas kesehatan untuk tempat vaksinasi, umur, tanggal lahir, alamat, hingga nomor telepon yang dapat dihubungi.