Video

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan selamat hari jadi untuk Puskesmas Beringin Sakti. Dengan masih terbatasnya jumlah vaksin, maka distribusi vaksin Covid-19 untuk sasaran lansia di seluruh wilayah kelurahan akan dilakukan secara proporsional. Sedangkan untuk akselerasi vaksinasi lansia, saat ini Dinas Kesehatan , Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Mojokerto tengah menyusun penjadwalan, penggerakan sasaran dan sosialisasi di tingkat kelurahan.

Dengan tautan yang baru ini, tautan yang beredar sebelumnya tidak lagi dapat dipergunakan. Bagi peserta atau sasaran vaksinasi warga lanjut usia yang sempat mengisi tautan tersebut tidak perlu khawatir karena knowledge dijamin aman dan tersimpan di dinas kesehatan provinsi di mana peserta tinggal. Pada pelaksanaannya, terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia.

Sesuai dengan data-information hasil uji klinik yang tersedia pada saat EUA diterbitkan, penggunaan vaksin CoronaVac diperbolehkan untuk kelompok usia dewasa dari 18 hingga fifty nine tahun. Berangkat dari temuan tersebut, pemerintah Indonesia telah menyetujui pemberian vaksin Sinovac untuk lansia. Vaksinasi COVID-19 untuk lansia diperkirakan akan mulai dilakukan pekan depan. Ada dua mekanisme vaksinasi yang akan dilakukan, salah satunya harus mendaftar dulu di website Kementerian Kesehatan RI.

Vaksin bagi lansia

“Calon penerima vaksin yang datang langsung, tetap harus mendaftar on-line, petugas kami akan membantunya. Jika terdapat ketidaksesuaian atau pelanggaran terhadap identitas dan ketentuan yang berlaku, pemegang tiket dilarang masuk ke area vaksinasi. Dalam keterangan persnya, Menkes juga memaparkan tentang cakupan vaksinasi nasional yang hampir mencapai 10 juta, dengan laju penyuntikan harian mendekati 50 ribu. Diharapkan laju vaksinasi berjalan seimbang dengan ketersediaan pasokan dosis vaksin di Tanah Air. Oleh karena itu, tolong dibantu semua orang tuanya, kakeknya, neneknya, mertua, tante, semua yang 60 tahun ke atas, tolong segera diajak untuk divaksinasi,” pintanya. Pemerintah berharap masyarakat berperan aktif mengikuti program vaksinasi ini.

“Mengingat keterbatasan suplai vaksin, prioritas vaksinasi diberikan kepada kelompok yang risiko fatalitasnya paling tinggi, yaitu lansia. Pergerakan menyambut lebaran pun menjadi pertimbangan prioritas vaksinasi untuk lansia tersebut. Sebanyak 830 vial vaksin Covid -19 atau setara dengan 8300 dosis yang diprioritaskan untuk lansia , terhitung mulai hari selasa thirteen/4/21.

Sedangkan untuk yang ingin mengikuti vaksinasi massal, maka dapat mendaftarkan diri pada organisasi kemasyarakatan atau organisasi keagamaan yang bekerjasama dengan Kemkes dan dinas kesehatan setempat. Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah menyatakan sekitar 7,5 juta dosis vaksin siap didistribusikan ke 34 provinsi pada Februari 2021. Vaksinasi tahap kedua akan fokus di provinsi wilayah Jawa-Bali sehingga vaksin akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi yang ada saat ini. Golongan masyarakat lanjut usia dengan usia 60 tahun ke atas jadi salah satu kelompok prioritas pada program vaksinasi tahap kedua. Jakarta, 15 Februari Program Vaksinasi COVID-19 segera memasuki tahap kedua, seiring dengan hampir selesainya pemberian vaksinasi tahap pertama kepada para tenaga kesehatan.