Vaksin Gotong Royong Banjir Peminat, Kadin

Berdasarkan keterangan tertulis dari PT Pertamina Bina Medika IHC, selaku holding yang menaungi RS Pelni, informasi mengenai layanan vaksin COVID-19 RS Pelni tersebut sempat dikeluarkan oleh RS Pelni pada 2 Februari 2021. Terpisah, Head of Corporate Communication Bio Farma Iwan Setiawan mengatakan, sebanyak 1,2 juta vaksin Covid-19 Sinovac tengah diuji coba. Menurutnya, pada awal Januari nanti, laporan pengujian klinis dari Fakultas Kedokteran Unpad akan diberikan ke BPOM untuk dilakukan analisa dan evaluasi. Bisa berbasis mRNA seperti pada Pfizer, atau berbasis adenovirus vector. Bila kelak vaksin Merah Putih itu sudah tersedia, maka jaminan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan vaksin lebih terbuka.

Hal pertama yang menjadi faktor dari mahalnya harga vaksin yaitu penggunaan teknologi ketika memproduksi vaksin-vaksin tersebut. Kebanyakan dari proses pengembangan vaksin virus Corona dikerjakan dengan menggunakan berbagai teknologi mRNA yaitu teknologi yang menggunakan vektor DNA dalam pengerjaannya. Teknologi ini juga tidak hanya perlu ketelitian secara ilmiah namun juga membutuhkan biaya yang cukup mahal dalam penggunaannya. harga vaksin Corona yang telah diperkirakan dinilai sangat mahal untuk sebagian orang jika dibandingkan dengan beberapa negara lain.

Harga vaksin mandiri

Solopos.com, SUKOHARJO — Setelah pengisian jabatan Sekretaris Daerah Sukoharjo, Pemkab setempat mengebut pengisian posisi pejabat eselon II dan III yang kosong lantaran pensiun. Solopos.com, SRAGEN — Teka-teki terkait identitas jasad perempuan misterius yang ditemukan dalam kondisi mengapung di Waduk Kembangan, Desa Mojorejo, Kecamatan Karangmalang, Sragen, Minggu (11/4/2021), akhirnya terungkap. Solopos.com, SUKOHARJO — Petugas gabungan Satpol PP, TNI, dan polisi di Kabupaten Sukoharjo mengintensifkan operasi memburu penjual petasan dengan efek ledakan menjelang Ramadan hingga Lebaran nanti. Solopos.com, KARANGANYAR — Pengurus Kabupaten Federasi Panjat Tebing Indonesia atau FPTI Karanganyar periode resmi dilantik, Minggu (eleven/4/2021). Solopos.com, SOLO — Sebanyak sixteen tim pemain e-sport lolos ke babak grand ultimate Diplomat Solo E-Sport Arena atau DSEA yang digelar di Hartono Mall, Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (eleven/4/2021).

Untuk yang mandiri, diharapkan tidak membebani masyarakat dan mudah didapat. Jakarta, CNBC Indonesia – Program vaksinasi mandiri yang akan dilakukan oleh para pengusaha Indonesia tak luput dari tantangan. Koordinator Komunikasi Publik KPCPEN, Arya Sinulingga mengatakan masalah terbesar adalah dari pengadaan vaksin Covid-19. Shinta menyebutkan sudah menjalin komunikasi dan kerja sama dengan PT Bio Farma selaku induk perusahaan BUMN holding farmasi yang akan mengimpor vaksin mengenai sistem distribusi dan harga jual vaksin. Kadin mengusulkan sejumlah perusahaan swasta di sektor farmasi yang memiliki infrastruktur untuk mendistribusikan vaksin. “Harga sedang kami hitung,” kata Juru Bicara Vaksinasi dari PT Bio Farma Bambang Heriyanto singkat kepada Lokadata.id, Kamis (4/3/2021).

Jumlah tersebut untuk pembiayaan dua dosis vaksin dan juga seperangkat alat kesehatan sekali pakai yang dipakai dalam vaksinasi. Dia mengatakan, biaya vaksin mandiri merupakan bagian dari biaya perusahaan. Harapan serupa disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang. Namun, yang paling penting menurut Sarman, pemerintah sebaiknya dengan segera bisa mengeluarkan petunjuk teknis terkait vaksinasi mandiri ini. “Sehingga pemerintah belum bisa menentukan harga batas atas dan bawah dari vaksin tersebut,” jelas dia. Masyarakat mempertanyakan berapa besaran vaksin jika bisa dilakukan secara mandiri.