Televisi Republik Indonesia Tvri

Jangan berbagi piring, gelas minum, cangkir, peralatan makan, handuk, tempat tidur, atau barang pribadi lainnya dengan orang lain. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dicuci. Pasien hanya boleh keluar rumah hanya untuk mendapat pertolongan medis.

Sebab jika orang rentan tersebut tertular virus corona, dampaknya akan berakibat deadly. Ketika menunjukkan gejala batuk, bersin, pilek, pakai masker untuk menghindari penyebaran droplet di lingkungan terbuka. Maka itu, salah satu langkah pencegahan penyebaran virus corona yang paling utama adalah denganmenjaga kebersihan diridan menerapkan perilaku hidup sehat setiap hari. Petugas kesehatan yang merawat pasien yang terinfeksi COVID-19 berisiko lebih tinggi dan harus konsisten melindungi diri mereka sendiri dengan prosedur pencegahan dan pengendalian infeksi yang tepat. Tidak, antibiotik hanya bekerja untuk melawan bakteri, bukan virus.

Mereka bisa melakukan isolasi mandiri di rumah dengan sejumlah protokol. Ketika mengalami batuk dan pilek, tubuh sedang berada pada kondisi yang tidak stabil dan lebih rentan terkena berbagai penyakit. Jika Anda sedang mengalami batuk dan pilek, ada baiknya jika Anda menggunakan masker untuk mencegah paparan virus, bakteri, dan kuman masuk ke dalam tubuh Anda yang sedang berada dalam keadaan rentan. Dengan menggunakan masker ketika Anda mengalami batuk dan pilek, Anda juga turut andil dalam melakukan pencegahan dan pengendalian virus di ruang publik.

Langkah tepat jika terkena Covid

Informasi ini semua dapat ditemukan dalam website Centers for Disease Control and Prevention . Para ahli memperkirakan satu orang sakit dapat menularkan virus pada dua sampai tiga orang lainnya. Itu sebabnya, penting untuk tak melakukan kontak langsung dengan anggota keluarga terdekat.

Jika memungkinkan, anggota keluarga dengan sistem kekebalan tubuh yang terganggu juga harus menjaga jarak minimal 1 meter dari anggota keluarga lainnya. Mereka harus tinggal di rumah dan hanya mengizinkan anggota keluarga lainnya menjalankan tugas rumah tangga. Demi menekan penyebarannya, Presiden Joko Widodo mengimbau warga untuk menjaga jarak saat interaksi sosial.

Karena itu, penggunaan ozon sebagai disinfektan harus mempertimbangkan kelembaban udara , kadar ozon, durasi paparan, dan dilakukan pada ruangan tertutup. Seperti disebutkan di atas, virus Covid-19 diketahui memiliki lapisan dinding virus yang tersusun dari amplop lipoprotein yang membungkus RNA di bagian dalamnya. Agar virus ini bisa mati, maka dibutuhkan bahan yang mampu merusak amplop dan material di dalamnya. Amplop ini tidak bisa dihancurkan dengan air saja, sehingga perlu bahan lain yaitu alkohol atau surfaktan sesuai saran WHO .

Karena orang yang terinfeksi COVID-19 dapat menularkan secara cepat ke orang lain, segera mengarantina diri dapat mencegah orang lain tertular infeksi. Isolasi mandiri adalah tindakan penting yang dilakukan oleh orang yang memiliki gejala COVID-19 untuk mencegah penularan ke orang lain di masyarakat, termasuk anggota keluarga. tirto.id – Gejala virus corona akan muncul setelah 2-14 hari masa inkubasi virus di dalam tubuh. Gejala ringan berupa demam disertai batuk, sesak napas, nyeri sendi, hingga diare. Akan tetapi, ada juga orang yang tidak merasakan gejala tersebut dan hanya merasa tidak enak badan. Jika terduga masih menunjukkan gejala awal, kata Diah, maka pasien akan mendapatkan obat demam, batuk dan flu, disertai dukungan makanan yang sehat agar meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan virus tersebut.