Pengusaha Rela Bayar Hingga Rp 1 Juta Untuk Vaksin Gotong Royong Pekerja

Salah satu alternatif biar bisa dapat inspirasi saat bekerja adalah nyari suasana baru. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, work from coffee store adalah cara ampuh mengusir bosan sekaligus mencari inspirasi dalam bekerja. Selain memesan kopi favorit, tak lengkap rasanya kalau nggak memesan cemilan yang enak.

Vaksin corona Sinovac gelombang pertama sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 sudah tiba di Indonesia pada 6 Desember 2020 lalu. Vaksin Sinovac merupakan salah satu dari 6 vaksin Covid-19 yang akan digunakan untuk proses vaksinasi di Indonesia. Dalam unggahan yang beredar, pengunggah menambahkan narasi bahwa harga tersebut adalah harga vaksin mandiri yang akan berlaku beberapa bulan ke depan.

Harga vaksin mandiri

Maka, melalui Kemenkes nomor 9.860 tahun 2020 pintu bagi vaksin Sinovac, Sinopharm, AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer pun dibuka. Dari lima vaksin pilihan Kementerian Kesehatan RI tersebut masing-masing punya kelebihan sendiri. Secara umum, semuanya dinilai aman dalam uji klinisnya dan mampu membangkitkan daya imunogenitas sampai stage yang diperlukan. Beberapa ahli menyebut daya ungkit imunogenitas itu sebagai efikasi, sementara kemampuan proteksi vaksin secara luas, di luar lingkup uji klinis disebut efektivitas.

Pemerintah telah menetapkan jenis vaksin COVID-19 yang digunakan dalam Vaksin Gotong Royong demi mempercepat herd immunity. Aktivitas dan olahraga sangat diperlukan orang dengan demensia untuk melatih otak dan menjadi lebih sehat. Hingga Sabtu (27/2/2021), 1.616.one hundred sixty five orang di Indonesia telah divaksinasi Covid-19 atau bertambah 32.584 penduduk dari hari sebelumnya. Dengan adanya kesalahpahaman tersebut, holding RS BUMN itu telah memutuskan untuk menarik informasi yang beredar. Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan informasi dari Siaran Pers yang diterbitkan PT Pertamina Bina Medika IHC selaku holding yang menaungi PT.

Sebelumnya Ketua Umum Kadin, Rosan P. Roeslani menyebutkan bahwa ada 6.644 perusahaan yang telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam program vaksin gotong royong. Swasta hanya diizinkan melakukan pengadaan dengan pemerintah dalam bentuk vaksin jadi. Sementara itu, distribusi vaksin Covid-19 ke daerah dan fasilitas layanan kesehatan dilakukan melalui Bio Farma selaku Holding BUMN Farmasi. Dalam menjalankan penugasan tersebut, Bio Farma bisa melibatkan atau bekerja sama dengan pihak ketiga. Meski begitu, saat ini manajemen perseroan pelat merah itu masih menunggu regulasi teknis perihal distribusi dan proses vaksinasi mandiri.

Adapun vaksinasi pemerintah yang digelar free of charge memakai vaksin Sinovac, AstraZeneca, Novavac, dan Pfizer. Untuk saat ini harga vaksin untuk program Vaksin Gotong Royong belum diketahui karena produknya belum tersedia. Biaya vaksinasi mandiri tersebut untuk dosis dua kali vaksinasi dan peralatan kesehatan sekali pakai untuk proses vaksinasi. “Biaya pelayanan vaksinasi gotong royong yang dilakukan oleh fasilitas pelayanan kesehatan milik masyarakat atau swasta tidak boleh melebihi tarif maksimal yang ditetapkan oleh Menteri,” bunyi pasal 23, dikutip pada Jumat (26/2/2021). Sementara bagi masyarakat umum yang ingin ikut vaksinasi mandiri itu, mereka akan dikenakan biaya Rp600.000 dan termasuk dengan tes antigen. Dia mengatakan jika vaksin mandiri ini akan menggunakan jenis yang berbeda dengan vaksin pada program vaksin gratis oleh pemerintah.

Untuk saat ini harga vaksin untuk program Vaksinasi Gotong Royong belum diketahui karena produknya belum tersedia. Atas kesalahpahaman dan ketidaknyamanan yang timbul, kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Chairman Sinopharm, Liu Jingzhen, mengatakan harga vaksin buatannya kelak diprediksi tak lebih dari 1.000 yuan atau sekitar Rp 2,sixteen juta untuk dua kali suntikan. Dikutip dari Reuters, Rabu (19/8/2020), harga vaksin corona yang sedang dikembangkan Sinopharm Group, jauh lebih mahal dari yang dibuat Sinovac ataupun vaksin pabrikan China lainnya. Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang menyambut baik aturan tersebut.

Namun, sesuai dengan Peraturan, rumah sakit tidak memiliki wewenang untuk melakukan pengadaan vaksin COVID-19, sehingga informasi tersebut ditarik kembali. “Beberapa kali kami melakukan wawancara berapa harga normal di pasar, rekomendasi yang kami sampaikan memastikan ke seluruh masyarakat Indonesia mendapatkannya dan memang batas atasnya Rp100 ribu,” ungkap Anna pada Senin (14/12/2020). Pemerintah, menurutnya pula, akan mengawasi pengiriman dan pemakaian vaksin. Semua faskes juga diminta mencatat pengguna vaksinnya, untuk memastikan bahwa vaksin benar-benar untuk melayani masyarakat setempat, dan bukan dikirim ke tempat lain. “Semua kita awasi, biar tak ada grey space yang kemudian menimbulkan black market,” kata Erick Thohir tegas. Pasar gelap bukan hanya akan mendistorsi harga, melainkan juga mengakibatkan mereka yang membutuhkan tak kebagian.