Pengusaha Desak Pemerintah Percepat Pengadaan Vaksin Gotong Royong

Jika memiliki penyakit paru , vaksinasi ditunda sampai kondisi pasien terkontrol baik. Untuk pasien TBC dalam pengobatan dapat diberikan vaksinasi, minimal setelah dua minggu mendapat obat anti tuberkulosis. Penderita Diabetes melitus tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah fifty eight mmol/mol atau 7,5% dapat diberikan vaksinasi. Apabila berdasarkan pengukuran tekanan darah didapatkan hasil di atas atau sama dengan 140/ninety maka vaksinasi tidak diberikan.

Untuk diketahui, orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 adalah Presiden Joko Widodo. Lalu pada tanggal 14 Januari 2021 dilanjutkan untuk kelompok pertama yang diprioritaskan mendapatkan vaksinasi. Artinya, pemerintah tak ikut menanggung beban pendanaan vaksin gotong royong, berbeda dari vaksin program pemerintah. KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Aturan mengenai vaksinasi mandiri atau yang disebut dengan vaksinasi gotong royong sudah resmi dirilis pemerintah.

Dia mengatakan hanya saja untuk vaksinasi Covid-19 ini jumlahnya memang jauh lebih besar, tantangannya mungkin ada di kapasitas rantai pasokan dingin di fasilitas pelayanan Kesehatan. Vaksinasi Covid-19 tahap 4 yang diberikan pemerintah sasarannya adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin. Selanjutnya, vaksinasi Covid-19 tahap three menyasar masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi. Nadia menyebutkan, pihaknya optimistis vaksinasi Covid-19 untuk 181,5 juta penduduk Indonesia dilakukan dalam kurun 15 bulan merujuk pada sumber daya dan sarana prasarana yang dikerahkan. Periode kedua vaksinasi akan berlangsung selama 11 bulan, mulai bulan April 2021 hingga Maret 2022 yang akan menjangkau sisa jumlah masyarakat dari periode pertama.

Nggak heran, karena jumlah kalori yang terkandung dalam satu buah croissant mampu memenuhi 15% dari kebutuhan kalori tubuh. Waffle Satu lagi kudapan asal Eropa yang menjadi primadona saat berkunjung ke kedai kopi atau work from espresso shop. Waffle cocok jadi teman kerjamu dengan rasa manisnya yang mampu menyeimbangkan sensasi pahit dari kopi yang telah dipesan. Terlebih, pilihan topping dari waffle seperti stroberi, keju, cokelat, atau madu bisa banget jadi mood booster dan meningkatkan produktivitas. Jumlah ini tergolong besar untuk kategori kudapan ringan yang dimakan bersama dengan secangkir kopi. Namun sisi baiknya, tersaji snack yang enak bisa menemani secangkir kopi untuk dinikmati.

Adapun kelompok pertama yang diprioritaskan mendapat vaksinasi adalah, paramedis, TNI, Polri, aparat hukum, dan pelayanan publik sebanyak 3,4 juta orang dengan complete kebutuhan 6,9 juta dosis. Di luar kelompok prioritas, vaksin corona rencananya akan diberikan kepada masyarakat dan pelaku ekonomi dengan kapasitas fifty seven,7 juta jiwa. Artinya, vaksin yang dibutuhkan untuk kelompok ini sekitar a hundred and fifteen juta dosis.

Vaksin dari pemerintah

Kelompok prioritas kelima yakni, peserta BPJS Penerima Bantuan Iuran sekitar 86 juta orang dengan complete kebutuhan vaksin 173 juta dosis. Aparatur pemerintah baik di pusat maupun daerah serta anggota legislatif sebanyak 2,3 juta orang dengan kebutuhan four,6 juta dosis. “Calon penerima vaksin akan menerima SMS notifikasi karena kita mengintegrasikan satu knowledge untuk vaksinasi ini. Informasi satu data ini akan mencatat barcode dari jenis vaksin yang akan didapatkan setiap orang,” jelasnya. Untuk mempercepat pendistribusian vaksin, Juru bicara Bio Farma untuk vaksinasi Bambang Heryanto mengatakan pendistribusian vaksin gotong royong akan disesuaikan dengan kebutuhan badan hukum/badan usaha.

“Untuk pemulihan melalui vaksinasi yang Insya Allah nanti kita harapkan vaksinnya sudah datang di akhir bulan November ini atau awal Desember 2020, tetapi itu juga tidak langsung bisa disuntikkan, dilakukan vaksinasi. Tidak,” lanjutnya. Dari daftar prioritas tersebut, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti menyebut semua kelompok harus mendapat vaksin yang terjamin keamanannya. Pemerintah terus menggaungkan optimisme seputar penyediaan vaksin virus corona di Indonesia. Presiden Jokowi meyakini vaksin bakal tersedia akhir tahun ini atau awal 2021.