Pemerintah Perpanjang Karantina Pejalan Dari Luar Negeri Jadi 14 Hari

Pemerintah Perpanjang Karantina Pejalan Dari Luar Negeri Jadi 14 Hari

Padahal aturan mengenai karantina tertuang dalam Surat Edaran Nomor eight Tahun 2021 tentang Protokol Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona. Pada aturan tersebut dinyatakan, pelaku perjalanan dari luar negeri harus menjalani isolasi mandiri selama 5 x 24 jam atau lima hari. Selama PPKM Darurat, syarat pelaku perjalanan internasional yang masuk ke Indonesia juga wajib tes PCR ulang saat kedatangan. Dalam hal surat keterangan check Kong4D RT-PCR menyatakan hasil negatif namun penumpang menunjukkan gejala indikasi Covid-19, maka penumpang dilarang tes diagnostic RT-PCR dan isolasi mandiri selama waktu tunggu hasil pemeriksaan.

Menurutnya, kebijakan Setjen DPR itu harus memperhatikan kondisi masyarakat yang sedang kesulitan menjangkau fasilitas selama PPKM. Hal yang sama juga disampaikan Sekjen Partai Amanat Nasional , Eddy Soeparno. Dia menyebut, seharusnya Rumah Jabatan Anggota DPR bisa dimaksimalkan untuk isoman dan tidak perlu fasilitas lodge. “Skala prioritas kita adalah apabila di rumah jabatan tidak bisa. Ini kan bukan hanya DPR, ada ASN yang berkumpul dengan keluarga, ada TA. Nah, kalau mereka sakit tidak dicarikan tempat otomatis akan menular,” pungkas dia.

Antibiotik adalah kelompok obat yang dikenal juga sebagai antibakteri. Fungsi obat antibiotik dengan membunuh atau memperlambat pertumbuhan bakteri berkembang biak. Oleh sebab itu, antibiotik tidak mengatasi infeksi akibat virus, seperti seperti pilek, flu, dan sebagian besar batuk. “Tidak perlu menyewa resort atau penginapan, cukup memfungsikan fasilitas yang dimiliki DPR seperti Wisma DPR di Kopo Bogor atau fasilitas milik DPR lainnya,” ucapnya. Karena itu, Eddy yang juga Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini mengajak anggota Fraksi PAN yang lain memaksimalkan dan menyediakan rumah jabatannya sebagai tempat isoman.

Isolasi di Indonesia setelah dari luar negri

Penguatan Sistem Pengawasan Obat dan Makanan berbasis risiko dimulai dari perencanaan yang diarahkan berdasar pada aspek teknis, ekonomi, sosial dan spasial. Aspek-aspek tersebut dilakukan dengan pendekatan analisis risiko yaitu dengan memprioritaskan pengawasan kepada hal-hal yang berdampak risiko lebih besar agar pengawasan yang dilakukan lebih optimum. Selain itu, penguatan sistem pengawasan Obat dan Makanan juga didorong untuk meningkatkan perlindungan kepada kelompok rentan meliputi balita, anak usia sekolah, dan penduduk miskin. Kebijakan dan dukungan dari perilaku masyarakat memegang peranan penting untuk menekan kasus terinfeksi COVID-19. Peningkatan angka vaksinasi dan testing di Indonesia dapat memberikan penurunan angka terinfeksi yang sangat signifikan, dan memungkinkan pandemi menjadi endemik.

Walaupun gejalanya sama, tapi penyebab virusnya berbeda-beda, sehingga kita sulit mengidentifikasi masing-masing penyakit tersebut. Pemindai suhu tubuh dinilai efektif dalam mendeteksi orang dengan suhu tinggi yang dapat disebabkan oleh coronavirus. Tetapi, alat ini tidak dapat mendeteksi orang yang terjangkit COVID-19 dengan gejala suhu tinggi yang tidak ditemukan. Anda wajib untuk selalu menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah.

Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan secara bertahap setelah vaksin mendapatkan izin dari BPOM berupa Emergency Use of Authorization . Calon penerima vaksin Covid-19 akan mendapatkan SMS-Blast untuk melakukan registrasi ulang dan memilih tempat dan waktu pelayanan vaksinasi Covid-19. Vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh agar terhindar dari penularan ataupun kemungkinan sakit berat.

Comments are closed.