Pahami Langkah Dan Waktu Yang Tepat Untuk Cuci Tangan Demi Cegah Infeksi Virus Corona

Pahami Langkah Dan Waktu Yang Tepat Untuk Cuci Tangan Demi Cegah Infeksi Virus Corona

Anda perlu berhati-hati jika mengalami rasa letih dan lemas yang berkepanjangan dan segera periksakan diri ke dokter. Banyak orang yang mengira bahwa penggunaan masker meskipun dalam keadaan sehat merupakan cara efektif mencegah COVID-19. Pemakaian masker lebih efektif dilakukan pada orang sakit dan tenaga kesehatan yang sering berkontak dengan pasien yang terinfeksi. Selain itu, penggunaan masker akan lebih manjur ketika digabungkan dengan kebiasaan mencuci tangan sesering mungking. Ketika hasil PCR keluar di tanggal 5 Juli, suami Femy dinyatakan positif COVID-19.

Keluarga Anda juga perlu menjalani isolasi mandiri bila sama-sama menderita Covid-19. Atau yang melakukan kontak erat dengan pasien wajib karantina selama 14 hari. Tidak semua orang yang positif Covid-19 dapat menjalani isolasi mandiri. Maka itu, tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi virus dan penyakit. Tidak hanya berisiko terhadap COVID-19, tetapi sistem kekebalan yang rendah juga menyebabkan gejala semakin parah.

Prioritaskan pasien dengan kondisi tersebut guna mendapatkan penanganan yang tepat dengan segera di rumah sakit. Selama melakukan isolasi mandiri di rumah, kondisi Anda tetap perlu dipantau. Perbanyak asupan air putih, makan makanan yang bergizi, serta istirahat dengan baik di rumah agar tubuh tetap kuat dan sehat melawan virus. Jadi, penting untuk memperbanyak asupan air putih, makan makanan yang bergizi, serta istirahat dengan baik di rumah agar tubuh tetap sehat dan kuat melawan virus. Jika memungkinkan, jaga jarak setidaknya 1 meter dari anggota keluarga lainnya yang tinggal serumah. Tentu Anda mungkin merasa takut dan tidak yakin tentang apa yang perlu Anda lakukan selama isolasi mandiri di rumah.

Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan jika seseorang di rumah terpapar virus Corona. Meski tengah isolasi diri, usahakan untuk tetap kontak dengan orang di sekitar melalui telepon dan platform media sosial. Terus bersosialisasi dan berbagi pikiran mampu memberikan dukungan bagi orang lain dan juga kesehatan mentalmu. Harus membatasi kontak langsung dengan orang yang dikompromikan sebanyak mungkin dan mencuci tangan sebelum kontak, layaknya tenaga medis.

Ingat, etika batuk dan penggunaan masker saat sakit menjadi salah satu kunci penting dalam cara mencegah COVID-19. This entry was posted in Paparan Topik and tagged covid-19, kebijakan, kebijakan dan upaya pemerintah, kebijakan pemerintah, Paparan Topik, virus corona. Kebijakan pemerintah untuk menerapkan normal baru ini diharap berbarengan dengan kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan secara ketat sebab covid-19 belum sepenuhnya sirna. Demi mencegah situasi ekonomi Indonesia semakin tidak kondusif, pemerintah mulai melihat kemungkinan untuk melakukan relaksasi pembatasan sosial. Dalam rapat terbatas pada tanggal 27 Mei 2020, Presiden Jokowi meminta agar dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang protokol tananan normal baru.

Langkah tepat jika terkena Covid

Untuk informasi lebih lengkap mengenai inisiatif tersebut, silakan baca artikel berikut. Jika kamu sedang batuk atau bersin, selalu gunakan tisu untuk menutupi mulut ketika hendak bersin. Jika kondisi tubuh kurang match, sebaiknya kamu tidak memaksakan diri untuk keluar rumah.

Kemudian, cara pembuangan popok juga harus diperhatikan, langsung bungkus dengan plastik dan langsung buang ke tempat sampah, yang terpisah kalau bisa,” tambah Fitri. Orang dapat tertular COVID-19 dari orang lain yang sudah terinfeksi, terlepas dari apakah orang ini bergejala ataupun tidak. Jadi saya minta orang tua untuk menerima bahwa remaja sangat sedih dan sangat frustrasi tentang kehilangan yang mereka rasakan, dan semua anak sedang merasa sedih saat ini. Kebetulan kemarin saya bertemu dengan sekitar 6 remaja yang baru lulus sekolah dan merasa sangat sedih, jadi saya katakan pada mereka, “Bersedihlah. Ini adalah saat yang sangat menyebalkan, dan kamu punya hak untuk merasa sedih”. Kalau sudah bicara tentang perasaan yang menyakitkan, satu-satunya jalan keluar adalah berusaha melaluinya.

Dalam 11 hari setelah pengumuman kasus pertama, jumlah kasus positif Korona mencapai sixty nine orang, 4 orang di antaranya meninggal dan 5 kasus sembuh. Memasuki tahun 2020, dunia diguncang oleh wabah virus korona yang menyebar dengan sangat cepat ke seluruh dunia. Hal ini mendorong pemerintah Indonesia untuk melakukan upaya dan mengambil kebijakan penanganan virus korona. Salah satu tindakan awal yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo saat itu adalah dengan memerintahkan kedutaan Indonesia di China untuk memberi perhatian khusus terhadap WNI yang terisolasi di Wuhan. Anda yang sedang mengisolasi diri memang wajib menggunakan kamar terpisah dari anggota keluarga lainnya. Namun selain itu, Anda juga dianjurkan memiliki seprai pribadi yang tidak boleh digunakan bersama.

Informasi medis terperinci dari orang yang terinfeksi diperlukan untuk menentukan periode infeksi COVID-19. Menurut laporan terbaru, ada kemungkinan orang yang terinfeksi COVID-19 dapat menular sebelum menunjukkan gejala yang signifikan. Namun, berdasarkan knowledge yang tersedia saat ini, sebagian besar yang menyebabkan penyebaran adalah orang-orang yang memiliki gejala. Ketika batuk dan bersin, upayakan menjaga agar lingkungan Anda tidak tertular. Tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan bagian dalam dan gunakan masker.

Comments are closed.