Kecepatan Vaksinasi Covid

Tidak hanya itu, ketatnya protokol kesehatan di tengah tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hidup kian mencekik banyak kalangan. Hal ini kian diperparah dengan labilnya pemerintah dalam menjalankan kebijakan pembatasan sosial. Hingga puncaknya, baru-baru ini, masyarakat dikecewakan dengan kasus korupsi bantuan sosial oleh oknum pemerintah. “Kami harap vaksin ini dapat mengembalikan aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia ke titik mendekati regular. Kami sungguh menantikan pendistribusian vaksin Covid-19,” tambah Ridwan. Apabila berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam , vaksinasi ditunda sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita Covid-19 dan dilakukan screening ulang pada saat kunjungan berikutnya. Selain potensi, selanjutnya tugas Kemristek merangkai kerja sama riset dan inovasi dari hulu sampai hilir untuk mewujudkan kemandirian vaksin di Indonesia.

Di Indonesia terdapat sejumlah lembaga yang juga meneliti vaksin dengan melibatkan sejumlah perguruan tinggi ternama di dalam negeri. Vaksin Merah Putih, begitu nama yang dilekatkan, di mana dalam waktu dekat akan memasuki tahap uji klinis. Dalam survei itu, sedikitnya dua pertiga dari responden bahkan menyatakan bersedia menerima vaksin Covid-19.

Hal ini berdasarkan studi terhadap subjek, yakni 30.082 orang positif COVID-19 yang diskrining melalui Sistem Kesehatan Mount Sinai antara bulan Maret hingga bulan Oktober tahun ini. Dalam pelaksanaan uji, peneliti menggunakan tes antibodi dengan metode enzyme-linked immunosorbent assay untuk mendeteksi keberadaan antibodi dalam tubuh seseorang untuk menghadapi virus COVID-19. Selain mendeteksi keberadaan antibodi dalam tubuh, metode ELISA yang dikembangkan di Mount Sinai Health System, juga dapat mengukur tingkat kekuatan antibodi yang dimiliki oleh seseorang terhadap virus. Tonang juga mengimbau masyarakat untuk menyakinkan kelompok lansia mengikuti program vaksinasi. Tonang juga mengatakan, tidak hanya bagi masyarakat yang sehat, bagi masyarakat yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid juga masih bisa melakukan vaksinasi Covid-19. “Saya mengajak masyarakat semua agar vaksinasi ini diniatkan dengan baik semoga mendapat berkah dari Allah SWT, sehingga akhirnya membantu mengatasi pandemi,” kata Tonang dalam siaran pers diterima Beritasatu.com, Minggu (eleven/4/2021).

Satu langkah awal yang diyakini mampu mengakhiri perjalanan panjang pandemi Covid-19. Tercatat, vaksin jenis Sinovac berhasil mendapatkan kesempatan pertama untuk masuk ke Indonesia. Menurut Presiden Joko Widodo, vaksin ini akan dibagikan free of charge oleh pemerintah ke 34 provinsi. Adapun berdasarkan hasil analisis sementara, peneliti asal Turki menyatakan jika vaksin jenis ini memiliki 91,25 persen tingkat efektivitas. TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Hampir satu tahun kita hidup bersama ditengah pandemi, saat ini pemerintah tengah menyiapkan vaksin Covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk informasi yang lebih jelas, jangan ragu untuk bertanya ke dokter melalui chat di aplikasi ALODOKTER. Untuk mengakhiri pandemi ini, semua pihak tetap harus waspada dan saling bekerjasama. “Meskipun vaksin memang meminimalisir kemungkinan jatuh sakit, manfaatnya akan efektif jika kita juga melakukan tindakan pencegahan,” ujar Abunasser. Vaksin hanya meminimalisir kemungkinan seseorang untuk jatuh sakit karena terpapar virus. “Setelah dosis pertama, dibutuhkan sekitar satu minggu bagi tubuh untuk mengembangkan beberapa respon antibodi,” ucap spesialis paru Jafar Abunasser.

Pada 2 Desember 2020, NHS menyetujui penggunaan vaksin Covid-19 produksi Pfizer-BioNTech di Inggris. Lalu, pada eleven Desember 2020, FDA menyetujui penggunaan darurat vaksin Covid-19 produksi Pfizer tersebut di AS. Sementara itu, pemerintah Indonesia telah memesan sekitar 143 juta dosis vaksin Sinovac dengan whole 1,2 juta dosis vaksin masuk ke Tanah Air pekan lalu. Vaksin tersebut kini disimpan di gudang PT Bio Farma di Bandung dan menunggu BPOM untuk memberikan lampu hijau untuk penggunaan darurat vaksin sebelum dapat memulai vaksinasi. Awal Januari, Bio Farma akan menyampaikan laporan sementara yang berisi bukti efikasi, imunogenisitas, dan keamanan vaksin tersebut kepada BPOM untuk membantu memastikan otorisasi penggunaan.

Vaksin dapat menangani Covid

“Kami menyambut baik upaya-upaya pemerintah untuk menangani pandemi Covid-19, termasuk rencana untuk menghadirkan vaksin Covid-19 yang aman di Indonesia. Kami berharap hal ini dapat meningkatkan harapan perlindungan kesehatan bagi seluruh masyarakat sehingga dapat kembali beraktivitas dengan lebih optimum,” terangnya. Pekerja kesehatan dan penghuni panti jompo akan menjadi orang pertama yang menerima vaksinasi Covid-19. Pejabat AS mengatakan masyarakat umum akan memiliki dosis yang tersedia beberapa bulan hingga 2021. Masalahnya, hak serupa tidak didapatkan di negara-negara miskin dan berkembang.

Fasilitas ini merupakan salah satu dari empat pilar kerangka kerja sama yang disebut The Access to Covid-19 Tools Accelerator. The ACT Accelerator sendiri dibentuk pada akhir April 2020 untuk melakukan akselerasi pengembangan, produksi, dan akses yang memadai bagi tes, pengobatan, dan vaksin Covid-19. Kerja sama tersebut disusun dalam empat pilar, yakni penguatan prognosis, perawatan, vaksin, dan sistem kesehatan. Untuk menghadapi pandemi Covid19, WHO dan aliansi vaksin dunia membentuk fasilitas yang disebut COVAX untuk menjawab persoalan di atas. Fasilitas COVAX berfungsi sebagai platform untuk mendukung riset, pengembangan, dan produksi massal kandidat vaksin Covid-19, hingga menegosiasikan harganya.

Awalnya, lanjut Iskandar, ia tidak dapat masuk dalam kategori orang yang dapat disuntik vaksin , karena pada tahap screening, tensi darahnya cukup tinggi saat dicek. Tak berapa lama kemudian ia screening dan ukur tensi lagi, ternyata masih cukup tinggi sehingga tidak boleh divaksin. Setelah itu, ia langsung beristirahat di sebuah ruangan dan tertidur sebentar dan langsung melakukan screening lagi sehingga dapat masuk ke dalam kategori orang yang dapat menerima suntik vaksin . Ia berharap agar nakes atau masyarakat yang telah dijadwalkan untuk mendapat vaksin dapat memiliki untuk berkontribusi.