Hyperlink Pendaftaran Vaksinasi Covid

Tapi, ini berlaku untuk lansia yang memang bergabung atau ikut dalam program instansi tersebut. Seperti kelompok penerima lainnya, para peserta lansia akan mendapatkan informasi kembali melalui SMS. Sejak 4 Januari 2021, juru bicara pemerintah untuk vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi sudah menjelaskan alur proses registrasi dan verifikasi yang harus ditempuh oleh peserta. Pemerintah sudah memulai program vaksinasi COVID-19 bagi kategori lansia pada eight Februari 2021 di fasilitas kesehatan baik itu puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Vaknasinasi bagi lansia ini menjadi tindak lanjut dari dikeluarkannya izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan terhadap vaksin.

Vaksin bagi lansia

“Oleh karena itu, proses skrining menjadi sangat kritikal sebelum dokter memutuskan untuk memberikan persetujuan vaksinasi,” tegas Kepala Badan POM. Sementara dari hasil uji klinik fase 3 di Brazil dengan subjek lansia sebanyak 600 orang, diperoleh hasil bahwa pemberian vaksin CoronaVac pada kelompok usia 60 tahun ke atas aman, tidak ada kematian dan efek samping serius derajat three yang dilaporkan. Jakarta – Program vaksinasi COVID-19 telah berjalan secara bertahap sejak 13 Januari 2021 lalu, sesuai dengan ketersediaan vaksin dan target prioritas yang ditetapkan pemerintah. Calon penerima vaksin COVID-19 akan diarahkan untuk melakukan registrasi ulang secara elektronik.

Penny mengingatkan, lansia merupakan populasi berisiko tinggi karena cenderung memiliki penyakit penyerta ataupun comorbid. Maka, pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati dengan pendampingan dokter. Persetujuan dilakukan setelah BPOM menerima knowledge penggunaan vaksin Sinovac untuk subjek lansia di Brasil dan China saat uji klinik fase I-III. Berdasarkan uji klinis fase pertama dan kedua di Cina yang melibatkan 400 orang kelompok lanjut usia menunjukkan hasil imunogenisitas yang baik, yaitu terdapat kadar antibodi ninety seven,96 persen 28 hari setelah pemberian dosis kedua.

Bagi peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis, mohon dapat membawasurat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis. “Lansia yang hari ini divaksin dari golongan pensiunan, tokoh masyarakat, tokoh agama, veteran, dan PWRI. Bukan berarti kita mendahulukan golongan yang ini, bukan, tapi karena datanya jelas, lengkap dan siap, maka pensiunan, tokoh agama, veteran dan PWRI mendapat jatah vaksinasi lebih dahulu,” kata Haryono. Juru Bicara Vaksinasi PT Bio Farma Bambang Heriyanto memastikan PT Bio Farma mendukung langkah pemerintah terkait progam vaksinasi nasional ini. Nadia menjelaskan prasyarat bagi lansia untuk bisa divaksinasi selama ini memiliki penyakit kronik seperti sakit jantung, kelainan darah, penyakit ginjal.

Uni Emirat Arab menyusul di posisi kedua dengan kuota vaksinasi per kapita mencapai 62 per one hundred penduduk. Sekitar 6,eight juta dari lebih 9 juta penduduk UEA sudah mendapat vaksin corona dosis pertama. UAE menggunakan vaksin Sinovac buatan Cina untuk program vaksinasi massal gratis.

Jika berdasarkan pengukuran suhu tubuh calon penerima vaksin sedang demam 37,5 derajat celcius ke atas, penundaan dilakukan sampai pasien sembuh dan terbukti bukan menderita Covid-19. Mengenai batasan maksimal usia lansia yang bisa divaksin, Nadia menyatakan, tidak ada batas maksimal. “Ada tambahan pertanyaan untuk menilai apakah usia lebih dari 60 tahun dapat menerima vaksin,” ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/2/2021). Jika penyuntikan vaksin dilakukan pada siang hari, ketika waktu makan sahur dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang cukup. Butuh waktu hingga maksimal 1 tahun untuk penerbitan izin darurat vaksin Sinovac untuk anak-anak.