Harga Vaksin Mandiri Usulan Pengusaha

Sidoarjo – Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin mengatakan saat ini pemerintah masih belum menetapkan harga vaksin mandiri atau gotong royong COVID-19 karena Bio Farma belum menemukan produsen yang sesuai. Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin mengatakan saat ini pemerintah masih belum menetapkan harga vaksin mandiri atau gotong royong COVID-19. Pemerintah masih menunggu hasil pertemuan antara pihak Bio Farma, BUMN dan swasta untuk menetapkan batas atas harga vaksin mandiri atau gotong royong.

Pada 14 September 2020, Uni Emirat Arab memberi persetujuan darurat untuk vaksin Sinopharm sehingga bisa disuntikkan pada petugas kesehatan, dan kemudian pejabat pemerintah. The Beijing Institute of Biological Products mengembangkan vaksin corona dari virus yang sudah dilemahkan . Kandidat vaksin itu lalu diuji klinis oleh salah satu perusahaan milik negara di Cina, Sinopharm.

PT Biofarma akan mengimpor vaksin buatan Pfizer sementara anak perusahaannya PT Kimia Farma Tbk akan mengimpor vaksin Sinopharm dari Tiongkok. Petugas kesehatan memasukan vaksin COVID-19 ke jarum untuk disuntikkan kepada pedagang pasar tradisional cinde di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (three/3/2021). Dari penelusuran, diketahui pula pesan berantai itu berisi beberapa narasi yang bertentangan dengan ketentuan pemerintah. “Tidak terganggu sesuai dengan jadwal yang dimiliki. Tidak mengambil jatah vaksin,” kata Arya. Bambang mengatakan, perusahaannya sudah memulai pembicaraan dengan Sinopharm, perusahaan vaksin dari Beijing, Cina.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM — Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjawab pertanyaan terkait harga vaksin Covid-19 yang akan mulai digunakan tahun depan. Pertanyaan terkait harga vaksin penting mengingat tidak semua lapisan masyarakat mendapatkan vaksin gratis dari pemerintah. Harga vaksin yang dicantumkan juga bukan merupakan informasi resmi, karena sampai dengan hari ini program vaksinasi COVID-19 yang berjalan adalah program vaksinasi dari pemerintah yang diberikan secara free of charge. Pembatasan harga itu berlaku bagi vaksinasi mandiri yang dikelola swasta. Jika kedua belah pihak telah sepakat dengan harga yang diajukan, maka pemerintah akan menetapkan besaran harga batas atas dan bawah vaksin mandiri atau gotong royong tersebut. Selain mengatur soal harga vaksin corona, dalam beleid itu, Menkes juga mengatur mekanisme distribusi vaksin Covid-19.

Maka, efektivitas hanya dapat diukur setelah vaksinasi massal dilakukan. Keputusan Menteri Kesehatan nomor 9.860 tahun 2020 yang diterbitkan three Desember lalu menyebut ada enam vaksin yang dinilai sesuai untuk Indonesia. Yakni, vaksin PT Biofarma yang akan memproduksi vaksin racikan Sinovac, AstraZeneca dari Inggris, vaksin Sinopharm , Moderna , Pfizer , serta Sinovac.

Harga vaksin mandiri

Vaksin ini bisa bertahan di suhu minus 20 derajat celcius selama 6 bulan. Pada 30 Desember 2020 lalu, Sinopharm mengumumkan bahwa hasil uji klinisnya menyimpulkan bahwa vaksin bernama resmi BBIBP-CorV tersebut memiliki efikasi seventy nine,34 persen. Hal itu lantas diikuti keputusan pemerintah China untuk mengizinkan penggunaan vaksin Sinopharm.