Cara Tepat Merawat Anak Yang Terkena Virus Corona

Maka dari itu, Anda disarankan untuk mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun ketika tangan dalam keadaan kotor. Jangan melakukan kontak sama sekali dengan binatang hidup di pasar . Hindari kontak dengan kotoran hewan yang berpotensi telah terinfeksi, atau cairan di tanah, atau kerangka toko dan fasilitas pasar. Sejumlah ahli menyebutkan, penggunaan ponsel di transportasi publik aman jika tak ada orang batuk di dekat Anda.

Jika Anda adalah pekerja komuter yang berada di dalam transportasi umum, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Sebisa mungkin jangan melakukan pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit. Menurut penelitian, gejala COVID-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona. Perlu dipahami bahwa terjadi kekurangan ketersediaan masker di seluruh dunia . Masker medis harus dialokasikan sebanyak mungkin untuk tenaga kesehatan. • Jalankan etika batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu.

Meski begitu, tidak ada jaminan orang yang telah melakukan aktivitas di rumah tidak akan tertular virus corona covid-19. Pasalnya, meski tinggal di rumah untuk membatasi kontak dengan orang lain adalah hal yang mudah, namun sebenarnya tidak benar-benar terbatas kecuali jika tinggal sendiri. Selain itu, Tati memastikan, orang yang meninggal akibat virus corona ini juga mendapat perlakukan khusus. Mulai dari mengurus tubuh hingga pemakaman harus melalui proses yang ketat dan sesuai aturan.

Alat Pelindung Diri terdiri dari pakaian penutup, masker, sarung tangan, sampai alas kaki. Dalam penanganan jenazah corona, menjadi petugas khusus jenazah ialah tim medis dari rumah sakit rujukan yang telah ditunjuk resmi oleh pemerintah. Seluruh petugas dipastikan WAJIB mengenakan ADP guna melindungi diri dan memastikan dirinya aman dari risiko penyebaran virus. Orang yang terinfeksi COVID-19 dan influenza akan mengalami gejala infeksi saluran pernafasan yang sama, seperti demam, batuk dan pilek. Walaupun gejalanya sama, tapi penyebab virusnya berbeda-beda, sehingga kita sulit mengidentifikasi masing-masing penyakit tersebut. Pemeriksaan medis yang akurat disertai rujukan pemeriksaan laboratorium sangat diperlukan untuk mengonfirmasi apakah seseorang terinfeksi COVID-19.

Langkah tepat jika terkena Covid

Menurut Tati, virus corona memiliki batasan masa aktif dalam tubuh jenazah. Terlebih dengan pemakamn justru akan mempercepat kematian virus. Melihat parahnya penyakit ini, maka pencegahan agar tidak terinfeksi penyakit ini menjadi hal utama dan harus dilakukan.

Cara penangan jika Anda sakit selanjutnya selalu menutup hidung dan mulut dengan tisu atau tangan, saat bersin maupun batuk. Jangan biarkan cairan dari dalam yang mungkin bersama virus dan sel aktif menempel di permukaan. Masih disarankan oleh para ahli supaya orang dengan gejala virus corona membatasi kontak dengan hewan sampai hasil penelitian secara pasti disampaikan. Bila sistem pernapasan yang diserang, orang yang terinfeksi besar kemungkinan akan mengalami sesak napas. Infeksi tersebut menyebabkan seseorang mengalami sesak napas pendek hingga kesulitan bernapas jika sudah sampai parah. Lakukan kebersihan yang baik dan cuci tangan secara teratur, dengan rajin cuci tangan mampu mencegah penyebaran virus ini.

Begitu pula jika kerabat Anda merasakan gejala umum dari pneumonia, seperti demam, batuk, dan sulit bernapas. Baiknya anjurkan mereka konsultasi ke dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat dengan segera. Lewat evaluasi tersebut, dipastikan semua faskes rujukan sudah memiliki fasilitas kesehatan yang lengkap. Di Indonesia, pencegahan virus corona dengan gerakan social distancing sempat digalakkan secara resmi oleh pemerintah lewat program PSBB di berbagai wilayah. Menjaga jarak setidaknya 1-2 meter dengan orang lain yang batuk atau bersin dapat membantu Anda secara tidak sengaja menghirup uap atau tetesan liur yang mungkin mengandung virus Corona. Virus ini sangat rentan menular lewat droplet liur yang menyembur dari orang yang terinfeksi saat ia batuk dan bersin tanpa menutup mulut.