Bio Farma Pastikan Vaksin Sinovac Buatan China Tak Ada Kandungan Gelatin Babi

Bio Farma Pastikan Vaksin Sinovac Buatan China Tak Ada Kandungan Gelatin Babi

Meskipun, MUI tetap menoleransi kebolehan penggunaan vaksin AstraZeneca dalam kondisi darurat. “Vaksin Covid-19 produk AstraZeneca hukumnya haram karena di dalam tahapan proses produksinya memanfaatkan tripsin yang berasal dari babi,” isi ketentuan hukum yang tertulis dalam fatwa tersebut. Selain bahan dan sumber bahan maka yang menjadi titik kritis kehalalan vaksin produk Sinovac adalah pada fasilitas dan peralatan produksi. Apakah penggunaan fasilitas produksi tersebut dilakukan bukan hanya untuk produksi vaksin Covid-19.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan melaporkan mutasi virus corona di Indonesia mencapai fifty four kasus mutasi SARS-CoV-2. Website IDAI merupakan wadah informatif, baik bagi para dokter anak, maupun seluruh masyarakat, pemerintah, dan stakeholder kesehatan lain di Indonesia dalam bersinergi mewujudkan putra-putri bangsa yang lebih sehat. Dalam website ini, tersedia berbagai referensi, rekomendasi, dan informasi seputar kesehatan anak lainnya yang selalu up to date.

Vaksin Sinovac babi

“Studi kami menemukan bahwa beberapa Muslim di Indonesia merasa tidak nyaman menerima vaksinasi yang mengandung bahan-bahan ini, bahkan ketika otoritas Muslim mengeluarkan pedoman yang mengatakan bahwa mereka diizinkan,” katanya. “Artinya vaksin ini boleh digunakan untuk seluruh umat Islam selama terjamin keamanannya menurut ahli yang kredibel dan kompeten,” katanya. Kalau ada dua atau lebih hasil keputusan ijtihad yang berbeda dan bertentangan dalam satu persoalan yang sama maka semuanya benar menurut keyakinan masing-masing mujtahidnya. Hasil ijtihad tidak bisa mengkoreksi hasil ijtihad yang lain, al-ijtihadu la yunqadlu bil ijtihad. Pemerintahpun memberikan apresiasi yang maksimal dengan hadirnya Presiden Jokowi menyaksikan langsung proses vaksinasi AstraZeneca di Jombang dan Sidoarjo tersebut.

Artinya, virus yang berada dalam vaksin sudah dimatikan dan tidak mengandung virus hidup atau yang dilemahkan. Setelah Sinovac ada izin darurat BPOM dan fatwa halal MUI, Menteri Agama, Yaqut Choilil Coumas, meminta publik jangan ada yang lagi menolak vaksinasi. Kehalalan Sinovac akhirnya ditegaskan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia . Terutama untuk Umat Islam, Gus Yaqut, sampaikan bahwa sudah ada fatwa halal dan suci dari Majelis Ulama Indonesia. Dasar menetapkan kehalalan vaksin Sinovac Pertama, pendapat para ulama, antara lain pendapat Imam al-Zuhri dalam Syarah Shahih al-Bukhari karya Ibnu Baththal yang menegaskan ketidakbolehan berobat dengan barang najis. Kemudian, pendapat Imam al-Nawani dalam Raudlatu at-Thalibin wa Umdatu al-Muftiin yang menjelaskan bahwa sesuatu yang tidak diyakini kenajisan dan atau kesuciannya, maka ditetapkan hukum sesuai hukum asalnya.

Pasuruan (WartaBromo.com) – Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia menyatakan vaksin AstraZeneca yang bakal digunakan untuk program vaksinasi Covid-19 pemerintah haram. “Vaksin produk AstraZeneca ini hukumnya haram karena dalam tahapan proses produksinya memanfaatkan tripsin yang berasal dari babi,” kata Ketua MUI Bidang Fatwa, Asrorum Ni’am Sholeh dalam konferensi pers Jumat lalu. “Semua tahapan proses produksinya, vaksin vektor virus ini tidak menggunakan dan bersentuhan dengan produk turunan babi atau produk hewani lainnya,” tulis mereka. “Semua tahapan proses produksinya, vaksin vektor virus ini tidak menggunakan dan bersentuhan dengan produk turunan babi atau produk hewani lainnya,” ujar AstraZeneca.

Vaksin covid-19, misalnya, yang belum diketahui haramnya, semestinya otomatis halal karena kita berada dalam situasi darurat pandemi covid-19. “Maka industri vaksin beralih ke tripsin rekombinan di mana produksinya menggunakan sel kapang atau bakteri sehingga mudah untuk dikontrol tingkat kemurnian. Nah tripsin seperti ini yang digunakan,” jelas Ahmad. Dengan begitu, Ahmad yakin vaksin AstraZeneca yang siap disuntikkan ke masyarakat ini sudah aman dari risiko bahaya akibat bahan hewani. Pertimbangan hukum kedua soal kebolehan istihalah dengan mengutip pendapat Hanafiah dan Malikiyah. Berbeda dengan kehadiran vaksin covid-19 sebelumnya, Sinovac produk Sinovac Life Science Co.

Uji klinis II vaksin Sinovac telah dimulai sejak Agustus 2020 dengan melibatkan 1.620 relawan. Jika uji klinis vaksin berhasil dan hasilnya dinyatakan aman oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan , vaksin bisa diproduksi dan diedarkan secara massal. Setelah uji klinis selesai, LPPOM MUI akan mengkaji ke-halal-an vaksin tersebut sesuai dengan syariat Islam. Hasil kajian itu akan menjadi dasar penetapan fatwa oleh Komisi Fatwa MUI. Di Indonesia, vaksin COVID-19 dari Sinovac Biotech sedang dalam uji klinis tahap ketiga. BPJS Kesehatan mengaku telah melakukan klarifikasi terkait dengan kebocoran 279 juta knowledge masyarakat Indonesia ke Bareskrim Polri.

Setelah protein menempel, sel B akan mengaktifkan antibodi yang berfungsi memblokir dan mencegah virus agar tidak menginfeksi tubuh penerima. Sel B juga bertugas mengingat virus vaksin untuk mengantisipasi apabila tubuh terinfeksi virus yang sama dikemudian hari. Uji klinik fase 3 yang dilakukan di Bandung menunjukkan bahwa Sinovac memiliki tingkat efikasi mencapai sixty five,three persen. Sementara dalam uji klinik di Turki dan Brazil, efikasi vaksin Sinovac mencapai 91,25 persen dan seventy five persen.

Comments are closed.