Berita Terkini Vaksin Untuk Lansia Terbaru Hari Ini

“Orang-orang berusia di atas 60 tahun, kelahiran 1960 an atau lebih awal, dengan aman dapat melanjutkan menerima suntikan AstraZeneca. Orang-orang berusia di bawah 60 tahun akan mendapatkan vaksin berbeda,” katanya. Kasus reaksi parah terhadap vaksinasi influenza sangat jarang terjadi, begitu juga dengan jenis vaksin hepatitis B, vaksin pneumococcal, dan vaksin herpes zoster. “Kalau status gizinya baik dan pola hidupnya sehat, kekebalan tubuh lansia akan semakin kuat sehingga vaksin influenza untuk lansia menjadi lebih efektif,” jelasnya dalam wawancara bersama tim Hello Sehat. Sebelum menjalani vaksin, lansia serta keluarga perlu mengetahui dua hal penting berikut ini. Vaksin ini bertujuan untuk mencegah penyakit akibat infeksi bakteri Streptocossus pneumoniae atau lebih Anda kenal dengan sebutan kuman pneumokokus. Dengan vaksin ini, Anda bisa mencegah pneumonia (infeksi paru-paru), meningitis , dan sepsis .

Vaksin bagi lansia

Sebagian dari 11.600 tenaga kesehatan berusia lanjut sudah mendapat suntikan vaksin tersebut. BANDUNG, iNews.id – Jika Anda lansia atau memiliki keluarga lansia yang belum terdaftar pada program vaksinasi, ada baiknya Anda melakukan pendaftaran secara mandiri. Untuk program vaksinasi lansia ini dilaksanakan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan mengeluarkan Emergency Use of Authorization pada 5 Februari 2021 dan pemberiannya, sama seperti pemberian pada tenaga kesehatan. Dalam kesempatannya, Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan dimulainya vaksinasi untuk lansia di Kabupaten Sragen sesuai arahan dari Kementerian Kesehatan RI, yakni Lansia menjadi prioritas kedua setelah tenaga kesehatan . Bagi sasaran vaksinasi lansia yang sudah sempat mengisi tautan, Nadia mengatakan, untuk tersebut tidak perlu khawatir, Kemkes menjamin bahwa knowledge tersebut aman dan disimpan di dinas kesehatan provinsi masing-masing.

Untuk memenuhi target tersebut, Kemenkes menurut Nadia akan terus mendorong laju vaksinasi di bulan Juli-Desember 2021. Sebab, pada periode tersebut, menurutnya Indonesia akan kedatangan banyak vaksin dari produsen vaksin lain seperti Novavax hingga Pfizer. Ia turut menyinggung pernyataan Presiden Joko Widodo yang menyebut bahwa vaksinasi di Indonesia bisa rampung kurang dari setahun. Padahal saat ini Indonesia masih bergantung dari produsen dari luar negeri terkait ketersediaan vaksin.

tirto.id – Orang lanjut usia saat ini menjadi salah satu prioritas penerima vaksin COVID-19 untuk periode kedua. Beragam cara dilakukan untuk bisa menjangkau lansia yang akan diberi vaksin, salah satunya adalah fasilitas drive thru khusus untuk lansia yang memiliki KTP DKI Jakarta. Oma dan opa berusia 60 tahun ke atas dan belum mendapat vaksinasi Corona, atau bahkan bingung tidak tahu cara daftar vaksin lansia? Tak perlu khawatir, terdapat berbagai program vaksinasi free of charge yang diselenggarakan bagi para lansia di berbagai daerah, termasuk DKI Jakarta dan kota lainnya.

Wajib membawa bukti e-voucher agar dapat diperkenankan masuk ke space Sentra Vaksinasi Bersama BUMN. Vaksin Nusantara masih dalam tahap evaluasi yang dilakukan oleh tim Direktur Registrasi BPOM. Belajar dari India, Indonesia kini menerapkan lockdown skala mikro yang disebut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mikro. Dalam kondisi terdesak, ASN yang akan bepergian ke luar daerah harus mendapat izin dari pejabat berwenang, menerapkan protokol kesehatan, serta melakukan tes Covid-19 sebelum dan setelah bepergian. ASN yang melanggar aturan tersebut dikenai sanksi administrasi dan teguran. Dalam surat edaran itu, ASN di Lampung dilarang bepergian ke luar daerah atau mudik selama Ramadhan dan Idul Fitri.

AMSTERDAM, AYOBANDUNG.COM — Pembatasan penggunaan vaksin AstraZeneca dilakukan sejumlah negara dunia, usai ditemukannya efek samping langka pembekuan darah. Jumlah kasus COVID-19 setiap harinya terus meningkat, terutama di kalangan lansia akibat sistem imun tubuh yang semakin melemah. Vaksin terbuat dari mikroba penyebab penyakit (termasuk virus, jamur, racun, atau bakteri; tergantung dari jenis penyakit) yang lemah atau mati sehingga tidak akan menyebabkan penyakit. “Tentunya kalau mau vaksin ya tidur yang cukup, sahur yang cukup, selesai sahur istirahat . Setelah itu, vaksin. Selesai vaksin, ya istirahat lagi,” kata Tonang, Jumat (2/four/2021) yang dikutip dari Kompas.com. Dosis pertama untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh sehingga vaksin dapat bekerjasama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru.

Kelompok lansia tetap akan menerima vaksinasi dalam dua dosis dengan selang waktu 28 hari. Dosis pertama berfungsi untuk mengenalkan inactivated virus ke tubuh sehingga vaksin dapat bekerja sama dengan tubuh untuk membentuk antibodi baru. “Kita hanya akan fokus pada dua kelompok, dan 60 persen dari stok vaksin akan difokuskan untuk usia di atas 60 tahun. Sisanya untuk tenaga pendidik dan guru,” kata Nadia dalam zoom assembly di Jakarta pada Senin (12/four/2021). Berlin kini mendapat tekanan dari para pakar dan politisi karena dianggap tak mengamankan cukup dosis vaksin virus corona untuk program vaksinasinya.

Denmark negara kecil di Eropa dengan populasi 5,8 juta mencatatkan kuota vaksinasi corona per kapita 11 per 100 warga. Jika dilihat angka mutlaknya relatif kecil, hanya sekitar 600 ribu warga yang mendapat vaksinasi. Bahrain menjadi negara di kawasan Teluk berikutnya yang mencatatkan kuota tinggi vaksinasi corona dengan 17,eight per one hundred orang. Registrasi vaksinasi di negara kecil berpenduduk sekitar 1,6 juta orang itu dilakukan menggunakan aplikasi cell. Vaksinasi menggunakan dua jenis vaksin dalam program ini, yakni vaksin buatan Sinopharm dan buatan BioNTech-Pfizer.