9 Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

9 Tips Manajemen Waktu Agar Lebih Produktif

Semua rangkaian kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi sebuah organisasi. Menurut Thomas Wheelen , manajemen strategi adalah serangkaian keputusan manajerial dan berbagai kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan untuk jangka panjang. Kegiatan tersebut termasuk perumusan/ perencanaan strategi, pelaksanaan/ implementasi strategi, dan evaluasi. Penerapan strategi yang baik dan tepat sasaran sangat dibutuhkan untuk kegiatan apapun, terutama dalam menjalankan bisnis.

Catat dan ingatlah setiap jadwal penting yang harus Anda tepati. Ini juga termasuk dengan tugas-tugas kuliah atau pekerjaan yang deadline-nya paling dekat. Hindari menunda-nunda dalam menyelesaikan pekerjaan, karena waktu Anda tidak banyak. Jika Anda ingin internship, sebaiknya pilih pekerjaan yang menawarkan fleksibelitas tinggi. Ingat pada saat Anda internship, Anda bekerja untuk belajar, bukan untuk mendapatkan gaji besar. Bagaimana cara mengatur waktu untuk mahasiswa yang kuliah, kerja dan me time?

Hal ini akan membuang banyak waktu dan juga tenaga Anda untuk membereskannya, terutama jika tenyata Anda membiarkan hal serupa terjadi pada berbagai hal di dalam kehidupan Anda. Mulailah untuk merapikan berbagai hal tersebut, terutama yang menyangkut pekerjaan Anda. Anda bisa lebih fokus dan bersemangat ketika akan menyelesaikan sebuah pekerjaan dalam tenggat waktu terbaik tertentu yang Anda mampu. Penentuan waktu dalam mengerjakan sesuatu bisa membantu untuk lebih efisien dan cerdas dalam mengelola setiap detik waktu yang Anda miliki untuk pekerjaan tersebut. Sekalipun Anda harus menambahkan beberapa waktu untuk menyelesaikannya. Hal yang sering kali kita lakukan adalah membuang-buang waktu untuk sejumlah kegiatan yang tidak begitu penting.

Jangan gampang menyerah untuk ambil program studi pasca sarjana sambil tetap bekerja. Challenge your self and take all the risk, karena dengan cara ini bisa membuat CV kamu jadi terlihat lebih stand out dan makin punya banyak kesempatan buat meningkatkan jenjang karirmu. Coba deh, baca dulu beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat melanjutkan S2 di bawah ini.

Tapi, perlu kamu ingat, tugas utamamu sebagai mahasiswa adalah menyelesaikan kuliahmu. Jangan sampai karena keasyikan mengumpulkan uang dari pekerjaan membuat waktu kuliahmu terganggu, atau membuatmu meninggalkan pelajaran kuliah. Asisten peneliti adalah pekerjaan yang juga cukup digemari para mahasiswa, apalagi mereka yang memang senang terjun di bidang akademik. Dengan menjadi seorang asisten peneliti akan membantu kamu untuk memiliki kesempatan bekerja di bidang research and development secara profesional saat lulus nanti. Karena itu, mulai sekarang jalinlah hubungan yang baik dengan dosen-dosen kamu. Saat beban kerja overload, bisa jadi kita harus lembur dan jadi mengorbankan jadwal kuliah.

Cara mengatur waktu bekerja dengan kuliah

Dream warriors, baik itu dalam dunia kerja maupun kuliah, mudah sekali untuk kita merasa panik ketika melihat record pekerjaan yang semakin panjang dan waktu untuk mengerjakan yang semakin pendek. Bisa dipastikan kamu akan merasa stres, tidak bisa berpikir dengan jernih dan menjadi tidak produktif. Kunci untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan menyusun skala prioritas. Tips dan cara membagi waktu antara kuliah dan organisasi kampus tentunya tidak lepas dari peran mahasiswa itu sendiri. Seperti yang kita tahu bahwa siswa merupakan seseorang yang punya potensi untuk memahami perubahan.

Mencatat materi pembelajaran bisa memperdalam pemahaman kamu mengenai materi tersebut. Hal ini juga akan membantu kamu mengingat dan mengulang kembali materi saat belajar ujian nantinya. Kekurangan dari kuliah secara on-line yaitu semakin banyak gangguan ketika kelas berlangsung. Terutama saat di rumah, bisa terjadi banyak distraksi misalnya dipanggil orang tua, diganggu adik untuk diajak primary, atau godaan besar untuk rebahan di kasur. Persepi libur ini juga lama kelamaan akan membuat kamu menjadi malas beraktivitas nih guys. Belum lagi tergoda untuk rebahan di kasur, sudah pasti pekerjaanmu akan semakin tertunda deh!

Saya yakin sebenarnya semua manusia memiliki potensinya masing-masing. Jangan biarkan dirimu menjadi seseorang yang sama dimasa lalu dan sekarang. Yang manapun pilihanmu, kamu harus bisa mengatur waktunya dengan baik, ya. Di CICIL, kerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa menambah uang saku kamu dengan bergabung jadi Student Ambassador. Tugas kamu sebagai Student Ambassador adalah mengenalkan layanan CICIL di lingkungan kampus kamu, yaitu dengan menjadi penghubung antara CICIL dan teman-teman kampus kamu. Dengan menjadi Student Ambassador, kamu bisa meningkatkan pengembangan diri dan talent, mendapatkan uang saku tambahan, dan mendapatkan pengalaman kerja praktek di lingkungan startup.

Di kampus mahasiswa bisa dapat informasi lowongan kerja di mading. Selain itu, orang juga bisa mencari informasi lowongan pekerjaan di situs “Agentur für Arbeit”, agensi resmi pemerintah Jerman untuk menyalurkan tenaga kerja. Sebagai mahasiswa, saya boleh kerja paruh waktudi akhir minggu.

Comments are closed.