9 Nutrisi Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Air yang aman adalah tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa. Air yang dikonsumsi dimasak terlebih dahulu pada suhu a hundred°C agar membunuh berbagai kuman, bakteri dan virus yang dapat menimbulkan penyakit. Untuk menjaga imunitas konsumilah air putih yang aman dalam jumlah yang cukup, yaitu berkisar 2 liter per hari. Suhu yang baik mengolah makanan adalah one hundred°C untuk titik didih air dan titik didih minyak berkisar °C. Konsumsi rempah-rempah seperti temulawak dan kunyit sudah menjadi tradisi masyarakat Asia, termasuk Indonesia yang membuat tubuh sehat. Imun yang kuat pasti akan membantu tubuh untuk melawan kuman dan virus yang menyerang sel tubuh manusia.

Selain itu, usahakan untuk tidak mandi di malam hari agar tidak kedinginan. Atau kamu pun bisa mengakalinya dengan mandi menggunakan air hangat ketika malam hari. Kemudian, saat berada di ruangan yang dingin, maka lebih baik kamu bisa memakai pakaian yang lebih tebal. Idealnya, kamu bisa menyeimbangkan waktu tidur sesuai dengan kebutuhan dan aktifitas yang kamu jalani. Sehingga, mempunyai waktu istirahat yang cukup dapat dikatakan terletak pada kualitas tidur dan kuantitasnya.

Tak perlu melakukan olahraga yang susah, kamu bisa yoga, zumba ataupun melakukan olahraga yang ringan saat berada di kosan. Selain menghentikan kebiasaan merokok, maka kamu juga perlu untuk mengurangi kebiasaan minum alkohol. Hal tersebut dikarenakan dengan kamu mengkonsumsi alkohol akan mampu untuk menurunkan daya tahan pada tubuh. Sehingga, orang yang minum alkohol akan lebih rentan terkena penyakit.

Menurut National Sleep Foundation, seorang manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur selama kurang lebih 7-9 jam dalam sehari. Maka dari itu, istirahat yang cukup merupakan cara simpel saat proses meningkatkan imun tubuh. Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

Selain memasok panas ke tubuh, oksigen juga bertindak sebagai promotor kesehatan. Dimana, kita harus pintar mengatur asupan cairan selama berpuasa dengan mengonsumsinya di waktu sahur, berbuka, dan saat malam hari. Selain air putih asupan cairan juga bisa ditambah dengan jus buah tanpa gula. Selama satu bulan penuh umat Islam di seluruh dunia wajib untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan menahan lapar dan dahaga selama jam dalam sehari. Sayangnya, puasa bagi sebagian orang kadang dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, sehingga mengurangi kegiatan aktifitas fisik.

Sementara remaja membutuhkan 8-10 jam dan anak-anak serta bayi membutuhkan waktu tidur hingga 14 jam. Untuk mempermudahmu memenuhi kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi buah-buahan yang segar, kamu bisa belanja pakai HappyFresh. “Bayi butuh tidur sesuai dengan usianya, selama jam per hari. Saat tidur bayi bertumbuh dan sistem kekebalannya berkembang.” Penelitian menunjukkan bahwa jaringan bakteri usus yang berkembang dapat membantu sel-sel kekebalan Anda membedakan antara sel-sel normal dan sehat dan organisme penyerbu berbahaya. Orang dewasa membutuhkan 7 jam atau lebih tidur setiap malam, sementara remaja jam dan anak-anak yang lebih muda dan bayi hingga 14 jam. Sedangkan, mineral yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan, yaitu zinc dan selenium.

Mengonsumsi sedikitnya delapan gelas air putih per harinya rupanya bisa membantu tubuh Anda dalam meningkatkan imun. Tak hanya itu, manfaat lainnya adalah untuk kesehatan organ seperti ginjal dan hati. Jika disepelekan, stres yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan penurunan fungsi imun tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya kelola stres Anda dengan rutin berolahraga. Untuk tujuan meningkatkan kekebalan tubuh, Anda diharuskan berolahraga selama 30 menit setiap harinya.

Setiap individu membutuhkan asupan vitamin dengan standar yang berbeda. Akan tetapi saat wabah virus corona yang semakin memburuk maka tubuh Anda akan memerlukan asupan vitamin tambahan. Meminum air yang cukup merupakan salah satu cara untuk menerapkan pola hidup sehat. Tubuh yang secara rutin tercukupi asupan air bisa meningkatkan kemampuan dari sistem imun.

Semangkuk kaldu biasanya mengandung magnesium, kalsium, silikon dan fosfor. Minum jus labu tidak hanya akan memperkuat sistem kekebalan tubuh, tapi juga membantu meningkatkan kesehatan tulang, mengobati masalah rambut dan kulit. Semangka sangat bagus untuk sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin A, vitamin C, magnesium dan seng.

Menaikan sistem imun

Banyak orang yang mengonsumsi vitamin ini, baik dari makanan seperti buah jeruk atau suplemen, untuk menyembuhkan flu. Meski sebenarnya segelas jus jeruk tidak serta merta menyembuhkan Anda dari flu, ada alasan kenapa vitamin C penting untuk daya tahan tubuh. Sistem imun terbentuk dari berbagai sel dan protein yang berperan dalam melawan infeksi dari patogen asing.