10 Cara Ini Ternyata Ampuh Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dalam kasus COVID-19, jutaan orang telah terinfeksi tetapi sejumlah besar orang juga pulih karena kekebalan tubuh mereka yang kuat. PURWAKARTA KOTA, AYOPURWAKARTA.COM — Memiliki kekebalan tubuh yang baik sangat penting untuk memerangi penularan virus corona. Seseorang dapat secara alami kebal terhadap serangan penyakit dengan kekebalan tubuhnya yang kuat. Jangan lupa untuk tertawa, karena sebenarnya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh juga.

Menjaga diri agar tidak stress berlebihan merupakan kunci utama dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Pasalnya, stress yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol dan dalam jangka waktu yang panjang peningkatan hormon kortisol ini bisa menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Oleh karena itu, perbanyaklah berolahraga untuk melancarkan sistem peredaran darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam memilih jenis olahraga, Anda bisa melakukan jenis olahraga yang mudah dan tak terlalu berat; seperti berjalan kaki, lari, hingga lompat tali selama 30 menit. (Prof. Manges) salah satu dosen di Fakultas Farmasi UNAIR memberikan beberapa suggestions yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk meningkatkan imunitas.

Tumbuhan herbal yang satu ini juga terbukti memiliki senyawa penunjang sistem imun seperti beta-karoten dan capsaicin. Anda bisa mengonsumsi lemon dengan berbagai cara, misalnya diperas lalu dicampur dengan air, dan disajikan dingin maupun hangat. Anda juga bisa menjadikan perasan lemon tersebut sebagai penyedap makanan, seperti untuk sup. Itulah sebabnya, berhenti merokok merupakan salah satu langkah penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Tingkat stres yang tinggi dapat memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Kadar hormon stres atau kortisol yang tinggi lama-kelamaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Menaikan sistem imun

Mengutip dari Alodokter, pilihlah suplemen yang mengandung bahan-bahan yang bermanfaat seperti Echinacea, Mengkudu, Daun Meniran, vitamin B Complex, C, D, E, dan zinc. Jika kurang istirahat seperti tidak cukup tidur, kebiasaan makan yang tidak teratur dengan gizi minim tentu akan membuat kondisi daya tahan tubuh tidak prima. Alhasil, imunitas menurun sehingga membuat virus penyakit mudah masuk ke dalam tubuh.

Karena itu, semakin beragam jenis makanan yang Anda konsumsi, semakin banyak juga jenis nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Anda. Dalam sehari, setidaknya manusia harus mengkonsumsi air sebanyak dua liter atau lebih. Hal itu dapat membantu meningkatkan imun tubuh agar tidak membuat metabolisme menjadi turun sehingga memiliki potensi tertular virus. Gizi yang seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dengan jumlah serta jenis tertentu sesuai kebutuhan tubuh.